Uncategorized

Opera 38 untuk komputer versi final dengan mode hemat baterai

laptop over heat battery saver

 Bagaimana cara hemat baterai jika kamu berjam-jam mendengarkan musik, menonton video dan membuka berbagai tab di browsermu? Aktivitas-aktivitas ini tentu saja bisa dengan mudah menghabiskan baterai dan menurunkan performa laptopmu. Opera punya kabar gembira untuk membantumu menghemat baterai di laptopmu. Fitur hemat baterai hari ini sudah tersedia dalam versi final di Opera untuk Komputer setelah melalui proses uji di channel beta dan pengembang.

Ketika pertama kali kami meluncurkan mode hemat baterai, kami menerima berbagai respon yang sangat positif dari Opera friends. Kami sangat menghargai hal ini dan tentunya kami berharap agar kamu terus membantu kami untuk berbagi pengalamanmu menggunakan mode hemat daya dari Opera.

 

Seberapa bagus performa mode hemat daya di Opera untuk komputer?

Bulan lalu kami melakukan beberapa tes untuk mencari tahu bagaimana performa mode hemat daya di Opera untuk komputer. Di beberapa tes, kami menemukan bahwa fitur ini dapat meningkatkan usia baterai hingga 50% dibandingkan dengan browser lain, seperti Google Chrome.

Setelah rilis tahap awal di kanal pengembang, beberapa dari kalian menanyakan kepada kami mengenai hasil uji yang lebih detail. Bersamaan dengan rilis versi betaa kami menampilkan rincian tes awal yang telah kami gunakan untuk rilis pengembang.

Simak lebih lengkap hasilnya di video ini.

 

Kurangi overheating pada laptop

Kemampuan mengurangi overheating pada laptop sangatlah penting, ketika laptop mengkonsumsi lebih banyak energi, biasanya  suhu laptop akan menjadi lebih panas. Itulah kenapa laptop Anda menjadi lebih panas selama sesi browsing berat. Biasanya Anda akan merasakan rasa panas di pangkuan Anda, bunyi fan menjadi semakin keras dan menjengkelkan, dan sering kali dapat menyebabkan masalah seperti tiba-tiba timbul layar biru atau bahkan kehilangan data.

Aktivitas menonton video, membaca berita dan aktif di berbagai media sosial tidak hanya menghabiskan daya baterai laptop, tetapi juga membuat suhu laptop menjadi lebih panas. Hasil pengujian dengan penghemat daya baterai yang baru menunjukkan bahwa Opera dapat menjaga suhu baterai laptop 3°C lebih dingin

laptop over heat battery saver

 

Bagaimana cara kerja fitur hemat baterai?

Menggunakan mode hemat baterai yang baru sangatlah mudah. Setelah kabel listrik laptop dicabut, ikon baterai akan muncul di sebelah kolom pencarian dan alamat di browser Opera. Klik ikon baterai untuk mengaktifkan mode penghematan daya dan menyalakan tombol. Browser juga akan mendeteksi ketika baterai laptop sudah menipis dan mencapai 20% kapasitas baterai, dan akan menyarankan untuk mengaktifkan mode hemat baterai.

hemat baterai opera browser

Hal-hal baru lainnya di Opera 38

 

Ad blocker – tambahkan sendiri daftarmu. Kini kamu bisa menambahkan sendiri daftarmu. Pergi ke Pengaturan, klik tombol  “Custom Block Lists” button di bagia blokiir iklan. Perhatikan bahwa “Show advanced settings” dari panel “Browser” harus diaktifkan untuk menampilkan tombol ini.


Perbaikan Speed Dial. Kini, kamu tidak perlu lagi khawatir akan kemungkinan menghapus sebuah halaman dari Speed Dial secara tidak sengaja. Coba perhatika tiga titik yang sekarang bisa kamu temukan di tempat tombol hapus tadinya berada. Tombol baru ini memberikan akses cepat kepada fitur-fitur yang sebelumnya hanya bisa diakses melalui menu konteks, seperti membuka private tab, atau menghapus situs dari Speed Dial. 

Tambahkan fotomu sendiri sebagai tema. Meskipun sebelumnya kami sudah memperkenalkan fitur ini, sekarang opsi ini menjadi lebih mudah ditemukan. Pergi ke Customize halaman awal lalu klik tombol  ‘+’ dan kemudian gunakan foto-fotomu untuk membuat tema.

Tombol ekstensi terlihat di panel samping Speed Dial. Kini, semua pengguna ekstensi akan dengan mudah mengakses manager ekstensi. Icon ekstensi akan terlihat di panel samping di sebelah kiri halaman Speed Dial.


Perubahan versi yang kami dukung untuk OSX. Dimulai dari versi ini, kami telah memperbaharui persyaratan kami untuk Mac. Sekarang ini kami mendukung  OS X 10.9 dan lebih tinggi.

 

Kami sangat senang bisa menjadi broswer besar pertama yang menghadirkan fitur hemat baterai untuk kamu dalam versi stabil. Ditambah dengan fitur ad blocker dan video pop out, ini membuat Opera menjadi browser yang betul-betul menjawab kebutuhan pengguna komputer masa kini.

Download  Opera untuk komputer, versi terbaru dan beritahu kami pendapat kamu di kolom komentar di bawah!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now