Uncategorized

Tips Belanja Online yang Aman dengan Opera

Sebelum berbelanja online, pastikan Opera Friends membaca artikel tips belanja online yang aman dari Opera ini. Meskipun berbelanja online kini sudah menjadi tren di keseharian kita, kebanyakan dari kita tidak menyadari atau seringkali meremehkan ancaman cyber crime yang dengan mudah bisa mengintai tanpa kita sadari ketika kita sedang sibuk memesan sepatu model terbaru.

Nah, simak tips- tips belanja online yang aman di bawah ini:

tips belanja online dengan opera

1. Update terus operating system, browser dan aplikasimu

Tanpa kamu sadari update sebetulnya sangat penting untuk menjaga perangkatmu dan juga transaksi online yang kamu lakukan. Setiap rilis baru biasanya membawa perbaikan tambahan untuk setiap celah keamanan. Sebagian besar sistem operasi desktop memang akan memperbaharui secara otomatis, tetapi tidak ada salahnya kamu juga memastikannya sendiri. Sedangkan untuk aplikasi, biasanya app store akan segera mengirimkan pemberitahuan ketika ada pembaruan tersedia.

2. Kenali toko online tempat kamu berbelanja

Kita pasti sudah pernah mendengar berbagai penipuan di dunia online.  Phishing atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti User ID, Password dan data-data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email semakin meningkat di era belanja online. Oleh karena itu pastikan hal-hal ini setiap kamu hendak belanja di website favoritmu:

  • Pastikan nama web tertulis dengan benar pada address bar.
  • Carilah ulasan pelanggan lainnya mengenai toko online tersebut di situs milik pihak ketiga.
  • Selalu cek kembali alamat dan rincian kontak milik toko online tersebut memang benar ada.
  • Pastikan situs tersebut menggunakan fitur verifikasi 3DS untuk semua pemesanan dengan menggunakan kartu kredit. Fitur ini memungkinkan verifikasi dua tahap di mana kamu harus memverifikasi transaksi online dengan mengirimkan kode keamaan  ke nomer pribadimu.

3. Pastikan koneksi kamu aman

Di sudut kiri atas, selalu periksa apakah ada ikon gembok terkunci berwarna hijau di bidang alamat browser. Tanda ini menunjukkan bahwa sebuah website memenuhi standar kemanan yang ketat untuk melindungi data-datamu. Pernah dengar kasus penipuan yang membuat seorang wanita kehilangan jutaan Rupiah dari kartu kreditnya akibat belanja online di salah satu web e-commerce? Tentunya Opera Friends tidak mau mengalami hal yang sama kan? Jika kamu menggunakan browser Opera, perlindungan malware  dan penipuan akan secara otomatis memperingatkanmu jika sebuah situs dianggap berbahaya.

4. Jaga selalu informasi pribadimu

Jangan pernah berbagi informasi sensitif seperti password atau nomor PIN mu. Periksa syarat dan kondisi dari situs belanja online untuk mengetahui kebijakan apa yang mereka tetapkan sehubungan dengan data-data pribadimu. Selalu berpikir dua kali sebelum kamu  berbagi alamat email, nomor telepon ataupun alamat surat. Teliti kembali situs tersebut untuk melihat apakah situs tersebut memiliki tujuan tertentu untuk memakai data-data pribadimu.

5. Gunakan layanan VPN untuk menjaga agar data pribadimu aman

Cara terbaik untuk menjaga data pribadimu adalah dengan menggunakan solusi VPN yang gratis dan sudah terintegrasi dengan browsermu seperti yang bisa kamu temukan di browser Opera untuk Komputer. Layanan VPN membuat, koneksimu terenkripsi antara komputermu dan situs yang kamu kunjungi.  Jika kamu menggunakan iOS kamu juga bisa mencoba aplikasi VPN gratis dan tak terbatas dari Opera, Opera VPN. Anda dapat menggunakannya untuk menjaga jaringan Wi-Fi, untuk mengubah alamat IP, atau untuk bekerja jarak jauh dalam jaringan perusahaan.

Apakah kamu punya tips lain? Yuk berikan tipsmu di kolom komentar di bawah!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now