Uncategorized

Tonton video dan baca berita lebih seru di Opera untuk Komputer

opera video pop out

Hari ini, dengan Opera Untuk Komputer 39, kami memperkenalkan personalized news reader dan fitur video pop out. Awal tahun ini kami di Opera membentuk  sebuah tim baru yang solid untuk mengerjakan browser Opera untuk komputer. Fokus kami adalah menghadirkan fitur-fitur yang kami rasa perlu ada di browsermu pada tahun 2016.  Hingga sejauh ini kami telah memperkenalkan beberapa fitur kunci  terbaru seperti ad-blocker yang telah terpasang dan penghemat baterai.

Opera video pop out

Tampilan terbaru video pop out

Video pop out memungkinkan kamu dengan mudah melepaskan dan memindahkan video ke sisi layar kamu, sehingga kamu dapat terus menonton sambil bekerja, bermain atau melakukan pencarian.

Jika kamu penasaran, di video ini para teknisi kami berbagi apa yang mengilhami mereka untuk mengembangkan fitur video pop out ini:

Fitur video pop out pertama kali dirilis pada bulan Mei dan telah diperbaiki sejak saat itu. Di Opera 39 kami telah menambahkan beberapa perbaikan. Sekarang, kamu dapat menggunakan fitur video pop out di lebih banyak situs, kamu juga bisa memainkan atau menghentikan video hanya dengan satu klik. Ada juga sekarang pilihan untuk menonaktifkan fitur tersebut, jika kamu tidak menginginkannya.

Kami melihat beberapa statistik penggunaan video pop out, dan kami menemukan berbagai cara berbeda para pengguna menggunakan fitur ini. Beberapa dari kamu menggunakannya untuk berbagi layarmu dengan anak-anak , membiarkan mereka menonton video saat kamu bekerja pada hal-hal lain. Yang lainnya menggunakannya untuk menonton rekaman konferensi, pembicaraan TED, kuliah online, coding tutorial atau menonton video yang sangat panjang.

Negara mana yang mengkonsumsi video paling banyak?

Kami melihat lebih dalam bagaimana kebiasaan pengguna multitasking sembari menonton dengan fitur video pop out Opera untuk Komputer di berbagai belahan dunia. Hasil penelitian ini menunjukkan preferensi video online secara geografis di seluruh dunia berdasarkan data gabungan yang berasal dari pengguna Opera 38 untuk komputer. Tentunya data privasi pada tingkat individu atau mengenai konten video tidak dikumpulkan.

opera video pop out usage

10 negara teratas pengguna fitur video pop out tersebar di empat benua yang berbeda, hal ini jelas menunjukkan bahwa ledakan video online merupakan fenomena global. Sangat menarik juga untuk melihat bahwa pengguna di beberapa negara – seperti Italia, Inggris dan Jerman – lebih banyak menggunakan fitur video pop out pada akhir pekan, sementara yang lain, seperti Cina, menghabiskan lebih banyak waktu menonton pop out video di sepanjang hari-hari kerja. Untuk di Indonesia sendiri perbandingan antara hari kerja dan akhir pekan masih seimbang, masing-masing 50%.

Menurut data yang dikumpulkan Opera, pengguna Opera untuk Komputer di Indonesia menghabiskan rata-rata 9 menit per hari untuk menggunakan fitur video pop out, ini berarti setara dengan 12 video resep masakan atau 3 video klip lagu pop terbaru.

Sebuah pembaca berita pribadi

Dengan Opera 39 kamu juga dapat menncoba cara baru menikmati berita. Pergi ke halaman awal dan klik ikon koran di sebelah kiri. Opera akan menyajikan berita-berita terbaru di  pembaca berita kami yang baru, dengan berbagai berita yang lengkap dan disesuaikan hanya untuk kamu.

newsreader opera

Fitur ini memungkinkan kamu mempersonalisasi newsfeed  dengan memilih dari sumber berita favorit, dan memilih bagaimana kamu ingin menampilkan kutipan artikel dan gambar. Tidak ada iklan, dan kamu dapat mencampur sumber-sumber baru yang kamu suka dari berbagai daerah dan bahasa.

Klik “Top 50” di panel samping pembaca berita untuk mendapatkan akses ke pilihan berita populer untuk negara yang dipilih. “Top 50” terpisah dari feed pribadi kamu, tetapi kamu dapat dengan mudah menambahkan sumber yang kamu suka ke feed-mu. Cari tahu bagaimana kami memilih sumber utama bagi kamu.

Daftar blokir yang bisa disesuaikan dengan pemblokir iklan bawaan

Kami juga menambahkan daftar blokir yang disesuaikan dengan pemblokir iklan bawaan di Opera 39. Dengan rilis ini, pengguna tingkat lanjut sekarang dapat menambahkan daftar blokir mereka sendiri. Untuk membuat daftar baru, cari di internet daftar situs yang direkomendasikan untuk diblokir untuk wilayah kamu, kemudian salin dan tempel ke dalam dialog “Daftar blokir khusus” dalam preferensimu. Setelah ditambahkan, browser akan mulai menggunakan daftar segera tanpa perlu me-restart Opera.

Fitur lainnya

Perbaikan lain adalah pencarian pop-up yang membuat pencarian dari browser lebih mudah. Jika kamu memilih teks di Opera, pop-up akan muncul menawarkan fungsi yang paling umum untuk pemilihan teks – pencarian atau copy. Fitur ini dapat diaktifkan atau dimatikan di pengaturan  antarmuka Browser / Pengguna.

Selain itu, versi ini juga membawa optimasi untuk manajer memori Blink, disebut heap compaction. Hal ini dapat mengurangi penggunaan memori hingga beberapa megabyte per tab. Pelajari lebih lanjut tentang bagaimana kami mengoptimalkan penggunaan memori di sini.

Versi ini juga mencakup beberapa fitur untuk pengembang yang kami warisi dari Chrome 52, seperti CSS baru berisi properti yang membutuhkan elemen yang lebih sedikit saat rendering, dan API PerformanceObserver yang membuat pengumpulan data pengukuran pengguna nyata lebih mudah.

Browser VPN

Opera 39 beta juga memiliki VPN baru, built-in, bebas dan tidak terbatas, tepat di browsermu. Dengan versi beta kini kamu dapat memilih apakah akan menggunakannya sebagai pengaturan global untuk semua tab atau hanya ketika dalam modus private browsing. Sangat penting bagi kami untuk mendapatkan berbagai tanggapan dari para pengguna dan masukan mengenai masalag yang dapat kami perbaiki sebelum kami meluncurkanya dalam versi yang lebih stabil. Kamu memang belum bisa menemukannya di Opera untuk Komputer versi 39 yang stabil, simak terus ya Opera Friends!

Download Opera Untuk Komputer 39, dan beri tahu kami jika kamu menyukai hal-hal baru ini!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now