Uncategorized

Bahaya Mengakses Internet Menggunakan Wifi Gratis

“Lebih baik kehabisan pulsa, atau kehabisan paket data?” Apa jawabanmu jika mendapatkan pertanyaan seperti itu? Jika pertanyaan tersebut muncul di akhir 90-an atau awal tahun 2000-an, mungkin jawabannya adalah lebih baik kehabisan paket data. Namun karena pertanyaan tersebut muncul di era digital seperti saat ini. Maka kemungkinan besar jawabannya adalah memilih kehabisan pulsa. Kenapa? Karena internet sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang Indonesia. Enggak heran kalau kemudian muncul jargon “sandang, pangan, papan, dan wifi”, yang menunjukkan betapa pentingnya internet di kehidupan manusia modern (selain pakaian, makanan, dan tempat tinggal).


Bicara soal wifi (yang disebut dalam jargon “sandang, pangan, papan dan wifi”), saat ini di Indonesia sudah banyak tempat-tempat publik yang menyediakan wifi gratis. Sebut saja bandara udara, terminal, stasiun kereta api, kafe, restoran siap saji, bahkan hingga ke warung kopi. Semuanya menawarkan akses internet cuma-cuma, untuk membuat pengunjung betah berada di sana. Meski gratis, namun ada risiko yang mengintai ketika kamu mengakses internet menggunakan wifi gratis. Ini beberapa di antaranya:


Pencurian Data Pribadi

Percaya atau tidak, wifi publik adalah salah satu lokasi favorit para hacker untuk mencuri data-data pribadi pengguna internet. Oleh karena itu sebaiknya hindari mengakses data-data penting ketika menggunakan wifi gratis. Contohnya mengakses internet banking untuk melakukan transaksi perbankan, atau mengakses data-data penting menggunakan email kantor. Usahakan membawa modem wifi pribadi, jika ingin mengakses situs ataupun data yang penting.


Serbuan Iklan Digital

Pasti kamu pernah merasa jengkel, ketika sedang asik mengakses informasi di internet namun mendapat banyak iklan digital yang muncul begitu saja di layar laptop ataupun handphonemu. Hal tersebut terjadi karena kamu mengakses internet menggunakan wifi publik atau wifi gratis.


Bahaya Virus

Mungkin masih banyak di antara kamu yang tidak mempercayai bahwa virus komputer ataupun smartphone bisa menyebar melalui akses wifi. Salah satunya adalah virus bernama “chameleon”. Virus tersebut disebarkan melalui jaringan wifi publik, lho! Komputer ataupun smartphone yang terinfikse Chameleon akan disedot data pribadinya secara diam-diam. Menyeramkan ya?!

Meski wifi gratis memiliki bahaya yang mengintai kamu, namun kamu tetap bisa menggunakannya ya. Contohnya untuk mengakses konten-konten hiburan, ataupun untuk sekadar mengupdate status media sosial milikmu. Namun kamu harus membiasakan sendiri untuk membawa modem pribadi. Agar kamu bisa tetap mengakses data dan juga situs-situs penting. Meski sedang berada di luar kantor ataupun rumah.

Sumber:

https://jalantikus.com/tips/bahaya-internet-gratis/

https://techno.okezone.com/read/2016/12/22/207/1573135/ini-bahaya-menggunakan-wifi-gratis-di-tempat-umum


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now