Uncategorized

QR Code dan Berbagai Kegunaannya

Kamu sering melihat sebuah tanda yang memiliki bingkai persegi dengan pola titik-titik yang unik saat kamu sedang belanja di pasar swalayan, makan di restoran, ataupun saat membeli tiket untuk nonton bioskop? Tanda atau simbol berbingkai persegi dengan pola yang unik tersebut bernama qr code atau quick response code. Biasanya kamu membutuhkan aplikasi tambahan pada smartphone, untuk bisa melakukan scan pada kode qr. Namun jika kamu menggunakan browser Opera Mini, kamu tak perlu aplikasi lainnya. Karena Opera Mini memiliki fitur qr code scanner pada sisi kanan kolom pencarian. Lalu, apa saja yang  bisa dilakukan oleh qr code?

Mempermudah Transaksi Jual Beli

Awalnya penggunaan qr code banyak digunakan di industri manufaktur, terutama untuk pelacakan kendaraan. Namun kini penggunaan qr code sudah jauh lebih luas, tak terbatas untuk industri saja namun juga digunakan dalam kegiatan konsumsi sehari-hari. Contohnya banyak perusahaan fintech ataupun e-commerce yang menggunakan qr code, sebagai sarana bertransaksi para penggunanya. Kamu pun bisa membeli makanan, tiket nonton, hingga belanja di warung kelontong dengan mudah. Bayarnya? Cukup menggunakan transfer melalui qr code.

Mempermudah Akses Informasi

Contoh lainnya adalah qr code mempermudah kita mengakses artikel-artikel berita terkini secara online. Kamu cukup scan qr code yang ada pada koran, tabloid, ataupun majalah. Kamu pun langsung bisa masuk ke artikel online. Bahkan kamu langsung bisa menuliskan comment, hingga memberi saran kepada penulis/editor artikel tersebut. Keren kan?!

Menyimpan Data Relasi

Fungsi penting lainnya adalah qr code akan memudahkan kita menyimpan data-data milik relasi kantor. Contohnya, jika kamu menerima kartu nama dari relasi. Kamu cukup scan qr code pada kartu nama tersebut. Secara otomatis, handphone milikmu pun akan menyimpan data-data yang ada pada kartu nama tersebut.

Kamu pun tak perlu repot jika ingin scan qr code untuk melakukan pembayaran, mengakses berita, ataupun menyimpan data-data penting karena kamu bisa menggunakan browser Opera Mini! Caranya pun mudah:

  1. Buka browser Opera Mini dan klik kolom “search”
  2. QR Code scanner akan muncul di sisi kanan kolom “search”
  3. Untuk menggunakannya kamu cukup klik ikon qr scanner tersebut.

Mudah kan?! Bagi kamu yang belum punya browser cerdas Opera Mini, kamu bisa download di Play Store ya. Gratis!

Download Opera Mini Sekarang!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now