Uncategorized

5 Tips Internetan Irit Kuota

Tips Internetan Irit Kuota

Kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang yang senang mencari berbagai hal di internet? Mulai dari review film, update status hingga cari alamat, dan cari review makanan yang lagi hits? Pastinya kamu akan membutuhkan paket data internet dengan kuota yang cukup besar. Biar aktivitasmu di dunia maya enggak keganggu. Untungnya, kami punya beberapa tips yang bisa kamu gunakan nih. Biar bisa internetan irit kuota, dan dompet enggak kempes terus. Berikut beberapa di antaranya:

Gunakan Wifi

Hal pertama yang harus kamu lakukan, kalau mau internetan irit kuota adalah menggunakan akses wifi gratis! Ya, kamu bisa menggunakan koneksi wifi di kantor, mal, restoran, ataupun di kampus. Jika kamu butuh untuk mendownload data dengan kapasitas yang besar. Paket data kamu jadi aman, deh.

Matikan Sinkronisasi App

Banyak yang tidak tahu, bahwa aplikasi pada smartphone Android atau iOS dapat melakukan update app secara otomatis. Jika tidak dimatikan, maka aplikasi-aplikasi ini akan menyedot kuota internet milikmu dalam kapasitas yang cukup besar.

Gunakan Pemblokir Iklan

Ada hal yang perlu kamu tahu, bahwa iklan-iklan yang muncul saat kamu sedang browsing ternyata juga menyedot kuota data milikmu dalam jumlah yang cukup signifikan. Jika menggunakan browser Opera Mini, kamu bisa memblokir iklan-iklan tersebut menggunakan fitur “adblock” milik Opera Mini.

Gunakan Mode Offline

Selain memiliki fitur “adblock”, browser cerdas Opera Mini juga memiliki fitur “offline mode”. Fitur ini akan menghemat penggunaan data milikmu, terutama saat membaca berita melalui situs-situs di internet. Untuk menggunakannya, kamu cukup membuka browser Opera Mini lalu pilih berita yang ingin dibaca. Setelah itu kamu tekan ikon di kanan atas layar, dan pilih “save for offline mode”. Kamu pun bisa membaca berita tadi kapan pun kamu mau, tanpa harus terhubung dengan internet.

Gunakan Fitur Data Savings

Ini adalah salah satu fitur cerdas dari browser Opera Mini, yang membuatmu bisa menghemat penggunaan kuota data hingga 80%! Untuk mengaktifkannya, kamu cukup menekan ikon “O” yang berada di kanan bawah layar Opera Mini. Setelah itu pilih “data savings”. Untuk menghemat penggunaan data secara efektif, kamu bisa memilih mode “extreme” atau “high”. Perbedaannya, mode “extreme” mampu menghemat data hingga 80%. Sedangkan mode “high” akan menghemat pemakaian data hingga 50% saja. Ini karena pada mode “extreme” browser Opera Mini akan mengemas halaman, gambar, dan juga teks hingga 10% dari ukuran aslinya.

Itu dia lima tips singkat yang bisa kamu gunakan untuk menghemat penggunaan data, terutama saat internetan menggunakan smartphonemu. Agar lebih hemat penggunaan data, sebaiknya kamu gunakan browser Opera Mini. Browser cerdas yang mampu menghemat datamu hingga 80%. Belum punya aplikasinya?

Yuk Download Opera Mini Sekarang!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now