Opera Apps, Opera tips

Pilih Baca Berita di Internet atau Media Konvensional ?

Siapakah di antara kamu yang masih berlangganan koran, majalah, tabloid, ataupun media cetak konvensional lainnya? Pasti jumlah yang masih berlangganan media cetak bisa dihitung dengan jari. Lalu dari mana para generasi masa kini mendapatkan sumber informasinya?

Berdasarkan  survei “Indonesian News Reading Habits 2017” yang diadakan oleh Jajakpendapat.net, mayoritas masyrakat Indonesia mendapatkan informasinya melalui internet. Entah itu melalui aplikasi di smartphone, ataupun dengan mengakses situs berita dan media sosial.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 1022 responden yang diambil dari populasi pengguna smartphone se-Indonesia, maka didapatkan data sebagai berikut:

  • Media sosial (70,85%) dan aplikasi chat & berita (50,64%) kini adalah sarana utama untuk mencari berita baru
  • Lebih dari 50 persen respon merasa berita yang dibaca melalui situs berita lebih terjamin kualitasnya, dibandingkan berita yang disebarkan melalui media sosial atau aplikasi chat
  • Sekitar 40 persen responden mengaku sering membagikan link berita online melalui media sosial. Sedangkan lebih dari 20 persen responden mengaku sering membagikannya melalui aplikasi chat

Lalu mengapa saat ini orang Indonesia lebih memilih mengakses informasi atau berita melalui internet? Ada banyak alasan yang mendorong hal tersebut, salah satunya adalah paham bahwa informasi seharusnya didapatkan secara gratis alias tidak berbayar. Inilah yang membuat media-media konvensional (yang mayoritas mengharuskan pembacanya untuk berlangganan/membayar) menjadi kurang populer di era digital. Selain itu ada faktor kecepatan informasi. Hal tersebut membuat media digital menang telak ketika bersaing dengan media konvensional, yang membutuhkan waktu untuk menyajikan informasi yang mereka miliki. Dan Opera News hadir untuk mengisi kebutuhan informasi berita yang kalian cari. Dengan fitur-fitur yang menarik dari Opera News seperti newsfeed agar kamu dapat membaca berita berdasarkan ketertarikan dan koneksimu di sosial media. Ada juga data saver dimana penggunaan datamu hemat hingga 80%. Selain itu ada juga offline reading jadi kamu bisa save/download artikel atau berita untuk dibaca offline atau saat ditempat yang networknya tidak bagus. Dan yang terakhir adalah trending videos agar kamu dapat mengetahui atau menonton video yang sedang trending topic.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now