Uncategorized

Benarkah Mac lebih aman terhadap serangan virus dibandingkan PC lainnya?

Sebelumnya Opera Friends tahu kan, apa yang menjadi perbedaan antara PC dan Mac? PC merupakan singkatan dari “Personal Computer”, yang pada umumnya mengacu pada komputer berbasis IBM (Windows, Linux dan lain-lain). Sedangkan Mac, merupakan singkatan dari “Macintosh”, yang mengacu pada komputer produksian Apple, Inc.

Sebagian orang beranggapan bahwa Mac lebih aman terhadap serangan virus dibandingkan PC lainnya. Benarkah begitu?

Pada tahun 2017, Kaspersky Lab – perusahaan pembuat produk atau perangkat lunak antivirus – menggelar konferensi keamanan “Paleontology of Cybersecurity” di Suntec City, Singapura. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa sebenarnya semua OS atau Operating System tidak luput dari serangan cyber atau virus. Walaupun pada kenyataannya, menurut Kaspersky, jumlah malware atau program jahat yang dimiliki Kaspersky Lab di Mac OS jumlahnya lebih sedikit dibandingkan PC lainnya.

Data Kaspersky di bulan Mei 2017 menunjukkan setidaknya terdapat 53.000 ancaman pada Mac. Sedangkan OS Microsoft Windows memiliki kurang lebih 474 juta serangan.

Mengapa demikian?

Alasan utama mengapa Mac lebih sedikit mengalami serangan virus dibandingkan PC lainnya adalah karena jumlah pembuat malware untuk Mac pun masih sedikit. Hal ini juga dikarenakan Mac belum sepopuler PC, sehingga para pembuat malware lebih tertarik untuk menyerang PC dibandingkan Mac. Walaupun pada kenyataannya, ancaman serangan cyber atau virus pun terus menghampiri Mac.

Mari bandingkan Mac dan Linux! Ternyata, menurut computerworld.com, Linux adalah sistem operasi paling aman. Namun, orang-orang atau bahkan perusahaan yang menggunakannya sangat sedikit dan jarang. Alasannya Linux menjadi sistem operasi yang paling aman adalah karena kode Linux ditinjau oleh komunitas teknologi atau sumber sistem operasi ini terbuka yang di mana coders dapat membaca dan memberikan komentar untuk Linux secara langsung. Dengan begitu banyaknya pengawasan, Linux pun lebih aman dari bug, dan ancaman virus.

Tahu kah Opera Friends, salah satu pembawa virus ke laptop atau komputer kamu, baik Mac ataupun PC apapun adalah iklan (ads) online. Malvertising” adalah sebuah istilah di mana virus komputer disebar melalui iklan online pada sebuah situs. Ketika Anda mengunjungi situs yang menayangkan iklan tersebut, secara otomatis virus tersebut terunduh dan menginfeksi komputer.

Bukan hanya serangan malware saja yang membahayakan perangkat kamu, Opera Friends. Data terbaru dari Symantec yang di tulis oleh telset.id mengungkapkan, Symantec mendeteksi peningkatan jumlah serangan penambangan koin kripto sebesar 80% terhadap OS Mac. Bahkan, para penambang ini hanya memanfaatkan serangan berbasis browser.

Canggihnya, Opera Friends tidak perlu khawatir dengan penambang cryptocurrency. Karena Opera browser sekarang dilengkapi dengan “Cryptocurrency Mining Protection” atau pelindung penambang cryptocurrency. Hanya dengan mengaktifkan ‘NoCoin’, halaman yang terdapat penambang cryptocurrency akan diblokir. Lalu, bagaimana cara mengkatifkan Cryptocurrency Mining Protection”? Hanya dengan menyalakan Ad Blocker, artinya kamu sudah terlindungi dari para penambang.  

Opera desktop pada laptop atau komputer kamu dilengkapi dengan built-in ad blocker yang dapat membantu kecepatan saat browsing dan memastikan tidak ada iklan (ads) yang mengganggu kamu. Hebatnya lagi, karena ad blocker ini sudah built-in atau terdapat pada browser secara otomatis, kamu tidak perlu menambah perangkat lain (add-ons) untuk browser kamu. Selain itu, browser Opera juga memiliki fitur VPN yang dapat kamu aktifkan dengan mudah, sehingga mengurangi pelacakan secara online dan kamu tidak perlu khawatir perihal privasi kamu selama browsing di Opera.

So, ayo mulai lindungi perangkat dan data kamu dari serangan malware, virus dan penambang cryptocurrency dari sekarang ya, Opera Friends! Gunakan browser Opera di desktop kamu agar browsing semakin cepat dan pastinya aman dari serangan malware, viruss dan penambang cryptocurrency!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now