Uncategorized

Opera dan Worldreader Hadirkan Ribuan E-Book untuk Generasi Muda Indonesia

Saat ini, 265,4 juta masyarakat Indonesia dapat membaca buku di manapun dan kapanpun melalui telepon genggamnya berkat aplikasi Worldreader Mobile Web (WRM-Web), yang dapat diakses dengan mudah melalui Opera Mini. Opera Mini telah menambahkan fitur perpustakaan raksasa Worldreader sebagai bookmark di aplikasi Opera Mini. Setiap orang yang memiliki telepon genggam berakses internet, dapat memiliki perpustakaan digital yang terdiri dari puluhan ribu judul buku dari berbagai genre yang disediakan oleh Worldreader melalui Opera Mini.

 

Opera dan Worldreader Membuat Buku Menjadi Lebih Mudah Dijangkau

Sebuah riset dari We Are Social menunjukkan 132,7 juta orang atau sebanyak 50% total populasi masyarakat Indonesia adalah pengguna aktif internet, dengan rata-rata waktu akses selama 8 jam dan 51 menit per hari. Angka tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa saat ini perkembangan internet di Indonesia tumbuh dengan sangat pesat.

Riset lain dari Statista.com menunjukkan sebuah fakta bahwa 44% populasi masyarakat dewasa Indonesia menggunakan smartphone untuk mengambil foto dan video, sementara hanya 3% yang menggunakannya untuk membaca buku maupun majalah digital. Hal tersebut menyebabkan Indonesia berada di posisi kedua terakhir dalam hal minat baca. Sebuah studi dari Central Connecticut State University di tahun 2016 mengenai “Most Literate Nations in the World” menempatkan Indonesia sebagai negara ke-60 dari total keseluruhan 61 negara.  Salah satu penyebab dari rendahnya minat baca di Indonesia adalah sulitnya akses terhadap buku.

Oleh karena itu, Opera dan Worldreader bermaksud untuk memperluas akses terhadap e-book dan memberdayakan masyarakat Indonesia mengenai pentingnya membaca buku, untuk meningkatkan berbagai aspek dalam kehidupan kita.

Opera menempatkan aplikasi Worldreader di tempat yang sangat strategis pada Opera Mini speed-dial, tidak jauh dari Wikipedia karena akses terhadap membaca dan akses terhadap pengetahuan saling melengkapi. Hal ini membuktikan bahwa Opera lebih dari sekadar browser.

Opera percaya bahwa membaca memberikan kesempatan unik untuk dapat lebih memahami suatu topik atau konsep yang ingin Opera Friends ketahui dan mampu memperluas pengetahuan serta meningkatkan pengembangan diri dalam berbagai aspek. Opera membawa perubahan ini melalui kerjasama dengan Worldreader, menyediakan lebih dari 40.000 e-book terbaik yang dapat diakses dengan Opera Mini.

Semakin Banyak Membaca, Semakin Lebih Baik Diri Kita

Kebiasaan membaca diketahui dapat membawa berbagai manfaat baik, seperti memperkenalkan generasi muda pada kosakata baru dan membantu pelajar dalam memahami maupun menyerap informasi atau konsep baru di sekolah. Selain itu, membaca juga dapat mengasah kemampuan otak yang berguna untuk menurunkan risiko terkena penyakit Alzheimer di usia lanjut. Kita juga mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan membaca buku fiksi dapat meningkatkan empati dan hubungan dengan sesama karena kecenderungan untuk menempatkan posisi kita pada cara pandang tokoh dalam cerita, sehingga kita pun dapat merasakan perasaannya. “Kami berharap kerjasama yang dilakukan Opera dan Worldreader dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia dan membuat negara kita menjadi lebih terhubung, kuat dan berpendidikan,” tambah Jatu, Head of Content and Editorial, Indonesia.

Selain berbagai keuntungan dari membaca buku yang disebutkan sebelumnya, membaca juga tentu membantu kita untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan kualitas diri, dalam berbagai aspek ataupun area yang sedang digeluti.

Yuk, mulai membiasakan membaca e-book, mulai dari yang bertopik ringan maupun yang lebih kamu sukai. Chelsea Islan aja, selalu menyempatkan diri untuk membaca buku melalui e-book. Masa kamu enggak? Buka Opera Mini dan klik ikon Wolrdreader di speed dial sekarang. Belum punya Opera Mini? Download sekarang.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now