Uncategorized

Tonton semua video dalam VR dengan Opera Developer 49

Selamat Datang,

Opera menjadi browser pertama yang mendukung video 360 derajat untuk headset virtual reality! Pembaruan pada pengembangan ini hadir dengan player VR 360 built-in untuk headset terkemuka seperti HTC Vive, Oculus Rift dan perangkat-perangkat OpenVR lainnya, membuka dunia video 360 derajat yang mendalam bagi para pengguna Opera.

VR akan mengubah pengalaman menjelajah web kita selamanya

Pertumbuhan pesat video 360 derajat dan WebVR membawa revolusi yang menarik untuk konten VR di web. Namun, dengan dukungan perangkat lunak yang terbatas, cukup sulit bagi pemilik headset VR untuk menikmati perkembangan pesat perpustakaan konten 360 derajat di Youtube, Facebook dan portal video lainnya.

Selama ini mereka harus memanfaatkan lingkungan yang kurang mendukung: unduh video pertama, termasuk menghabiskan waktu dalam mencari tombol “unduh” dan menunggu unduhannya selesai. Kemudian, keluar dari browser dan meluncurkan aplikasi player terpisah. Tahapan tersebut menghabiskan waktu dan bandwidth untuk mengunduh sebuah video secara buta. Terdengar kuno.

Kami ingin membawa pengalaman web terbaik bagi para pengguna kami. Itulah mengapa Opera mulai fokus dalam menciptakan dan menyatukan pemutaran VR langsung ke dalam browser. Kegunaan ini memungkinkan pengguna untuk menonton video virtual reality, dan video-video 2D standar secara instan melalui headset VR mereka.

Pengalaman streaming video dengan mulus

Versi pengembangan Opera terbaru hadir dengan fitur player VR 360 yang memungkinkan dan secara otomatis akan mendeteksi headset VR yang terpasang. Ketika pengguna mengakses sebuah video, sebuah tombol di atas video tersebut (di samping tombol pop out video Opera) yang bertanda “Tonton dalam VR” akan muncul. Satu klik sederhana akan menghanyutkan para penonton ke dalam dunia 360 derajat yang ditawarkan oleh video tersebut.

Tonton semua video dalam VR dengan Opera Developer 49

Selain itu, melihat sekeliling di dalam video tidak lagi membutuhkan penggunaan keyboard atau mouse. Cukup balikkan kepalamu ke arah yang ingin kamu lihat.

Semua video dapat diputarkan dalam VR

Pemutar video terbaru Opera tidak hanya mendukung video 360 derajat, tetapi juga video-video standar. Kamu dapat meluncurkan video favorit film 2D atau video standar 180 derajat mana saja melalui headset-mu, menciptakan pengalaman teater pribadi yang mengagumkan.

Kami telah bekerja keras dengan tim UX dan desain kami untuk menciptakan sebuah pengalaman pengguna yang sederhana dan intuitif bagi para pemilik headset VR, agar dapat menikmati video online sebanyak apapun yang mereka inginkan.

Tonton semua video dalam VR dengan Opera Developer 49

Apa selanjutnya?

Ini hanyalah langkah pertama dari perjalanan untuk pengalaman VR yang sepenuhnya mendalam dan kompatibel di browser web. Dengan sumber konten 360 derajat yang terus berkembang dari para pembuat film independen serta media utama dan perusahaan-perusahaan olahraga, sulit bagi VR untuk tertinggal dari imajinasi.

Kami percaya bahwa VR bersinergi dengan olahraga dan masih banyak lagi yang perlu dicapai. Dengan bangga kami bergabung dengan klub football Amerika Wroclaw Panthers pada sesi latihan mereka dan mengabadikannya dengan video 360.

Sebagai permulaan, kami ingin membuat hidup lebih mudah bagi para penikmat VR dengan menyediakan pemutar video VR instan pada headset, tanpa membutuhkan perangkat lunak tambahan. Kami akan terus bekerja dengan para mitra kami untuk menguji dan mendukung model-model headset VR popular lainnya begitu mereka memasuki pasar.

Upaya-upaya kami untuk menghadirkan pengalaman web VR terbaik tidak akan berhenti. Kami juga berencana untuk memiliki pendukung WebVR penuh apabila standar ini sudah  lebih matang dan siap untuk konten VR yang mumpuni.

 


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now