good stuff

5 tips tepat sebelum membeli Smartphone

membeli smartphone

Smartphone telah menjadi harta yang wajib dimiliki orang pada zaman sekarang. Selain kebutuhan untuk mengkonsumsi informasi dengan cepat, faktor banyaknya pilihan smartphone baru dengan berbagai kekurangan dan kelebihan, membuat banyak orang berpindah dari feature phone ke smartphone. Dari hal tersebut terkadang timbul rasa khawatir untuk menjatuhkan pilihan sebelum membeli smartphone.

membeli smartphone

Berikut beberapa tips yang dapat membantu memilih smartphone yang tepat sesuai kebutuhan, budget dan karakter Opera Friends:

  • Memilih sistem operasi yang tepat

Smartphone sekarang ini mempunyai berbagai sistem operasi yang berbeda-beda dari Android, Windows phone, iOS, Blackberry, dan lainnya. Blackberry sendiri adalah OS mobile yang mengutamakan privasi dan keamanannya. Sedangkan Windows Phone adalah OS yang dikenal akan kecepatan dan kemudahan dalam berintegrasi dengan perangkat Windows lainnya.

Untuk iOS, ini menggunakan sistem operasi mobile yang mengedepankan kualitas, mulai dari kontrol privacy yang ketat, simple, model yang elegan dan gaya. Namun, kelemahan dari sistem operasi ini adalah pilihan perangkatnya yang terbatas pada iPhone, dan bagi banyak orang harga iPhone cenderung lebih mahal.

Android mempunyai sistem operasi yang digunakan oleh berbagai merek smartphone dari vendor kelas dunia yang menawarkan range harga yang berbeda-beda. Selain itu, Android  menyuguhkan bermacam aplikasi gratis yang menarik dan pengiriman data yang lebih mudah. Android pun punya kekurangan dalam pengaturan keamanan dari sistem operasi dan juga pengaturan izin aplikasi.

  • Sesuai dengan kapasitas penyimpanan

Untuk memilih smartphone yang bagus pastinya harus didukung oleh kapasitas penyimpanannya. Terdapat 3 aspek yang harus diperhatikan yaitu memori Internal, RAM dan slot untuk MicroSD. Jika berencana untuk banyak menyimpan aplikasi dan data, pilihlah smartphone dengan memori internal lebih dari 8 GB dan dilengkapi slot microSD. Hal ini juga berkaitan dengan kecepatan proses perangkat smartphone tersebut, sehingga smartphone yang mempunyai RAM yang tinggi dapat lebih dipertimbangkan.

  • Display

Tampilan layar menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Faktor ukuran, resolusi serta kerapatan pixel layar juga harus diperhatikan. Semakin besar jumlah pixel yang dimilikinya, maka layar akan terlihat tajam, jernih serta nyaman di mata. Jika Opera Friends suka bermain game dan ingin mempunyai tampilan gambar yang baik, pilihlah smartphone yang mempunyai layar dan resolusi yang besar dengan resolusi diatas 1280 x 720 pixels.

  • Kamera

Kamera merupakan kebutuhan khusus bagi Opera Friends yang senang mengambil foto dan video berkualitas baik. Biar gampang ambil foto selfie, pilihlah smartphone yang mempunyai kualitas kamera depan yang bagus. Untuk Opera Friends yang suka membuat video, kamu dapat memilih smartphone dengan kemampuan merekam dengan resolusi HD biar hasilnya lebih memuaskan.

  • Daya tahan baterai

Faktor kapasitas baterai merupakan hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli smartphone yang berkualitas. Jika memilih Smartphone dengan CPU Tertinggi, konsumsi daya baterai juga akan tinggi. Kapasitas baterai yang besar akan membuat daya hidup ponsel lebih lama, namun hal tersebut juga bergantung dari tingginya tingkat pemakaian ponsel itu sendiri. Setidaknya Smartphone dengan kapasitas baterai lebih dari 2200 mAh atau lebih dapat dijadikan pilihan. Jika Opera Friends sering menggunakan ponsel untuk aktivitas browsing, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi yang ramah untuk baterai ponsel pintar untuk membantu menghematnya. 

Dari beberapa tips diatas, keputusan terakhir tentunya dikembalikan pada budget yang telah dianggarkan. Semoga artikel panduan sebelum membeli smartphone ini berguna untuk Opera Friends. Jika kamu mempunyai tips lain untuk dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada smartphone tertentu, silahkan di share dikolom komentar dibawah ini atau melalui Facebook dan Twitter Opera Indonesia!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now