Uncategorized

Bagaimana cara teknologi kompresi video Opera bekerja?

Bagaimana kompresi video Opera bekerja?

Minggu lalu kami telah mengintegrasikan kompresi video di Opera browser untuk Android karena kami ingin agar para pengguna Opera dapat menikmati online video dengan lebih cepat dan tetap dapat menghemat data.

videoFetaureImage

Teknologi di balik kompresi video Opera

Kompresi video adalah sebuah cara untuk mengoptimalkan video sehingga video tersebut sesuai dengan kondisi layar ponsel maupun jaringanmu. Ketika kamu memainkan video di Youtube ataupun situs video lainnya tentunya situs-situs tersebut ingin memberikan kamu kualitas terbaik yang tersedia. Hal ini tentunya wajar kan? Sayangnya situs-situs ini kadang tidak mempertimbangkan bahwa kamu memiliki paket data yang terbatas atau memiliki situasi jaringan yang kurang bagus. Nah, untuk masalah seperti ini, tentunya Opera Friends tidak membutuhkan video high definition yang jelas-jelas terlalu besar untuk layar ponselmu. Kadangkala, kualitas menjadi tidak terlalu penting, yang lebih penting adalah supaya video tersebut bisa terputar dengan lancar di ponselmu!

Untuk menghadirkan kompresi video di ponselmu, kami menggunakan teknologi yang kami sebut dengan Rocket Optimizer yang dikembangkan oleh divisi Skyfire di Opera. Rocket Optimizer rata-rata memberikan kompresi 60% dengan mengecilkan ukuran video dan konten multimedia lainnya agar sesuai dengan bandwith yang tersedia. Teknologi ini dapat mendeteksi ketika kamu sedang berada di tengah koneksi yang tidak stabil dan membutuhkan bantuan dalam memutar videomu. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan waktu loading yang lama, video yang macet dan buffering atau siaran audio yang lambat dan mengganggu.

Sebuah penelitian dari Cisco baru-baru ini mengindikasikan bahwa 75% dari data traffic di dunia adalah video di tahun 2019. Selain itu, riset ini juga menunjukkan bahwa konsumsi video akan meningkat sebanyak 13 kali lipat dari tahun 2014 hingga 2019. Bayangkan nggak Opera Friends, berapa banyak pulsa yang harus kamu beli jika kamu menonton video 13 kali lipat lebih banyak di ponselmu?

Bagaimana menyalakan kompresi video di ponselmu?

Dari bagian Pengaturan di Opera untuk Android, sentuh Penghematan Data dan centang kotak di sebalah Kompresi Video. Opera akan melakukan sisanya untuk kamu! Kamu akan hemat data dan tidak perlu lagi menunggu lama hingga videomu terputar!

Kami sangat senang telah berhasil menambahkan video kompresi pada pilihan-pilihan kompresi data yang telah kami sediakan. Selain bisa ditemukan di Opera untuk Android, kompresi video juga tersedia di Opera Mini untuk iOS dan Opera Coast.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now