Opera tips

Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, tiap daerah pasti memiliki tradisi yang khas untuk merayakannya. Mulai dari berbagai lomba di tingkat RT hingga kabupaten atau provinsi. Tidak hanya balap karung atau lomba makan kerupuk, pawai budaya dan atraksi unik pun dihadirkan.

tradisi 17 agustus blog

Apa saja tradisi unik khas 17 Agustus-an di daerah di Indonesia? Berikut ulasannya:

  • Telok Abang di Palembang

Dalam bahasa Palembang, ‘telok’ artinya telur, sedangkan ‘abang’ berarti merah. Telok abang adalah telur rebus yang berwarna merah. Tradisi telok abang sudah turun-temurun berlangsung sejak zaman kolonial Belanda. Seiring perkembangan zaman, tradisi telok abang dilakukan setiap merayakan HUT RI. Telur-telur ini biasanya ditancapkan pada miniatur perahu, pesawat terbang, atau mobil-mobilan. Penjual Telok Abang mulai berjualan beberapa hari menjelang HUT Indonesia. 

  • Estafet Obor, Semarang

Tradisi lomba lari tujuh belasan ini yang telah dilakukan sejak 32 tahun lalu ini diikuti oleh seluruh lapisan warga, mulai dari gubernur, anak muda, hingga atlit terbaik di Kota Semarang. Obor dijadikan simbol semangat untuk meneladani perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Lari obor estafet bisa kamu saksikan pada malam hari di tanggal 17 Agustus.

  • Turnamen Bola dengan Sarung di Makassar

Berbeda dengan pertandingan bola pada umumnya, kali ini anak-anak di daerah Mappanyukki menyambut hari kemerdekaan RI dengan bertanding sepak bola. Uniknya adalah mereka menggunakan sarung ketika bertanding. Hal ini tentu membuat gerak tubuh menjadi sulit, namun lebih seru dan menantang. Kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai  ajang silahturahmi bagi masyarakat setempat.

  • Upacara Bendera di Tengah Laut, Yogyakarta

Tim Search and Rescue (SAR) bekerja sama dengan relawan pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta melaksanakan upacara menyambut HUT Republik Indonesia di tengah lautan. Upacara resmi dilakukan di tepi pantai, dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih di tengah laut.

Sobat Opera bisa membaca info selengkapnya di “Tradisi unik rayakan kemerdekaan Indonesia” dari browser Opera dari apapun gadget kamu.

Bagaimana dengan perayaan unik di daerah setempat Sobat Opera? Share cerita serunya tradisi tersebut di kolom komentar dibawah ini untuk berbagi inspirasi perayaan Kemerdekaan Indonesia bareng Sobat Opera lainnya. Salam Merdeka!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now