Opera Talkshow

Obrolan Opera Soal Tips Sehat Ala Cak Uding

Kali ini Opera Indonesia berkesempatan untuk bertemu dan ngobrol bareng salah satu blogger Indonesia yang juga pemerhati kesehatan. Yuk cek Obrolan Opera dengan Cak Uding tentang bagaimana menjaga kesehatan dan tetap fit ditengah aktivitasnya yang seabrek.

Cak uding

Opera (O): Hai, Cak Uding. Boleh ceritakan sedikit mengenai latar belakang Cak Uding?

Cak Uding (U): Perkenalkan saya Abul Ala Almaujudy, atau biasa dipanggil Cak Uding supaya terdengar lebih akrab. Saat ini saya bekerja sebagai Business Director @aplikanologi, media online yang fokus mereview aplikasi mobile di Android, dan juga Business Director di @INDIgitalmobile, yang fokus di pembuatan mobile app, dan web.

Di samping bekerja, aktivitas sehari-hari yang rutin saya lakukan adalah berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Sementara hobi yang sering saya lakukan di waktu luang? Nonton, baik itu film ataupun serial di televisi.

O: Apakah Cak Uding punya pengalaman unik terkait menjaga daya tahan tubuh? Mengingat Indonesia adalah negara tropis dan sering mengalami pancaroba.

U: Saya mencoba untuk memperbanyak asupan vitamin, serat, dan air. Ditambah dengan berolahraga dengan rutin, maka membuat badan semakin fit dan jarang mengalami sakit yang serius. Yang paling membahagiakan, hal tersebut juga membuat penyakit maag saya menjadi sembuh. Nah, sebenarnya ketika kita mulai rutin berolahraga dan memperhatikan kesehatan, maka secara tidak langsung kita juga akan semakin memperhatikan asupan makanan kita. Jadi lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan, lebih memilih makanan sehat dan badan pun jadi lebih fit.

O: Padatnya Jakarta kadang memicu stress. Apa tips ala Cak Uding untuk mengatasi hal tersebut ?

U: Untuk mengatasi hal tersebut memang harus ada persiapan lahir dan juga batin. Lahiriah dengan olahraga, sementara batiniah dengan cara ibadah. Insya Allah tidak gampang stres jika berhasil melakukan keduanya. Saat ini saya berdomisili di Depok sementara bekerja di Jakarta dengan mengendarai sepeda motor. Alhamdulillah masih bisa sehat lahir dan batin, tipsnya dengan mengurangi “ngomel yang gak jelas” dan stay positive thinking. Hehehe..

O: Apakah Cak Uding punya aplikasi favorit yang membantu untuk jaga kesehatan?

U: Saya menggunakan beberapa aplikasi untuk membantu menjaga kesehatan lahir dan batin. Untuk berolahraga, saya gunakan aplikasi Seven Minute Workout. Sementara untuk kesehatan batin saya gunakan aplikasi MyQuran Indonesia yang memudahkan saya membaca kitab suci saat di luar rumah. Saya juga memanfaatkan Opera Max di Android guna menghemat konsumsi paket data dari semua aplikasi yang digunakan untuk mendukung aktivitas saya.

O: Kedepannya, apa ada rencana untuk melakukan aktivitas atau program khusus untuk menjaga kesehatan?

U: Saya pribadi sih ingin sekali berpartisipasi di gelaran lomba triathlon, lomba sepeda Audax, dan berusaha ingin membuat badan semakin bugar. Alasannya sederhana, karena saya sangat menikmati benar rasanya memiliki badan yang bugar. Untuk itu, program khusus yang saya jalankan adalah untuk mencoba rutin berolahraga minimal 4 jam dalam seminggu. Targetnya sih 8 jam dalam seminggu yang tersebar dalam 3 aktivitas: renang, sepeda, dan lari. Mudah-mudahan rencana-rencana besar tersebut bisa tercapai.

Semoga obrolan Opera dengan Cak Uding bisa memberikan manfaat untuk Sobat Opera. Bagaimana dengan kamu, apakah kamu punya tips dalam menjaga tubuh tetap bugar? Yuk, share di kolom komentar!

 


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now