Opera tips

Cara Jitu Atasi Smartphone yang Overheating

Smartphone sudah menjadi gadget utama yang mendukung aktivitas kita sehari-hari. Mulai dari telepon, chatting, bermain game, hingga mengerjakan dokumen. Banyak aktivitas yang membuat kita tidak bisa jauh dari smartphone dan sinyal yang kurang stabil kerap menjadi faktor utama penyebab overheating atau hp cepat panas. Apabila overheating ini dibiarkan, smartphone akan cepat rusak dan tentunya membahayakan keselamatan pengguna.

Opera Mini - overheating gadget

Berikut ini adalah tips mudah untuk smartphone yang mengalami overheating:

  • Gunakan smartphone kamu dengan wajar.

Penggunaan smartphone untuk banyak kegiatan akan meningkatkan suhu, karena prosesor pada smartphone bekerja lebih keras, sehingga membutuhkan tenaga ekstra dari baterai. Istirahatkan sejenak smartphone kamu hingga pada suhu normal sebelum memulai aktivitas kembali. Pastikan juga suhu dan kondisi ruangan cukup sejuk.

  • Carilah sinyal atau jaringan yang stabil.

Kekuatan sinyal sangat berpengaruh pada tingkat overheating dan performa smartphone kamu. Jaringan yang lemah atau tidak stabil membuat smartphone bekerja ekstra untuk mendapatkan sinyal yang lebih baik. Jangan terlalu paksakan mimilih jaringan 3G jika lokasi tidak memungkinkan, karena menyebabkan gadget cepat panas. Carilah jaringan yang stabil di tempat kamu berada.

  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan.

Setelah membuka banyak aplikasi, gunakanlah tombol ‘back’ atau menu ‘exit’ untuk keluar. Hindari menggunakan tombol ‘Home’ karena hal itu akan membuat aplikasi tetap berjalan dan membebani kinerja RAM atau prosesor. Hal ini juga membuat smartphone kamu menjadi lambat.

  • Mengganti baterai.

Baterai yang sudah lama digunakan umumnya akan mengalami kerusakan, seperti masalah pada saat charging dan kerusakan pada komponen baterai. Hal ini terutama berlaku untuk baterai berjenis Li-Ion yang masa hidupnya ditentukan oleh seberapa sering ia diisi ulang. Gantilah segera baterai smartphone kamu dengan produk original.

  • Gunakan aplikasi yang hemat energi.

Aplikasi yang kamu gunakan berpengaruh pada performa dan tingkat overheating. Jika kamu sering menggunakan browser, coba pakai Opera Mini untuk aktivitas browsing yang lebih cepat, hemat data. Selain itu aplikasi ini juga hemat baterai hingga 14% dibanding browser lain berdasarkan uji coba Cigniti.

Semoga tips ini membantu menangani hape Sobat Opera yang sering overheating. Beritahu komentar kamu di kolom ini atau share melalui Facebook dan Twitter page Opera yah jika kamu punya saran dan tips lainnya!

 

 


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now