Opera Talkshow

Ngobrol bareng Founder Komunitas Windows Phone Indonesia

ngobrol bareng afit, id windows phone

Buka Puasa bersama Opera dan Windows Phone Community akhir Juni kemarin berlanjut menjadi obrolan seru bersama mas Afit (berkaos merah), pemrakarsa dan juga founder dari komunitas Windows Phone Indonesia. Keanggotaannya pun kini telah menjangkau kota Makassar loh, Sobat Opera! Apa yang menjadi alasan mas Afit membuat dan aktif membesarkan komunitas ini?

Berikut adalah kutipan obrolan Opera dan Mas Afit beberapa waktu lalu.

Opera (O) : Cerita sedikit dong tentang latar belakang Mas Afit.

Afit (A) : Saat ini saya menekuni profesi sebagai blogger profesional.

O : Sejak kapan Mas Afit mendirikan komunitas Windows Phone ini? Apa alasan utamanya?

A : Saya mendirikan idWinPhone (sebutan untuk komunitas pengguna Windows Phone di Indonesia) ini pada tahun 2012 silam. Saat itu namanya adalah idWinMo. Alasan saya membuat komunitas ini adalah karena saya merasa bahwa sistem operasi Windows ini akan berkembang dan memiliki fans-nya sendiri yang loyal dan solid.

O : Seberapa besar komunitas Windows Phone di Indonesia dan di manakah member yang paling jauh berada?

A : Saya tidak bisa bilang seberapa besar, namun yang jelas makin hari makin banyak penggunanya. Hal itu terlihat dari interaksi di blog dan Facebook Page kami. Beberapa komunitas Windows Phone lokal di kota-kota di Indonesia juga cukup aktif dan ramai dalam berdiskusi, baik secara online maupun melalui pertemuan komunitas secara offline. Kebanyakan dari mereka saling berbagi informasi seputar sistem operasi, aplikasi mobile, dan update terbaru untuk memaksimalkan performa ponsel mereka. Anggota komunitas kami yang paling jauh saat ini berlokasi di Makassar.

O : Mengapa Mas Afit memilih menggunakan Windows Phone, dibandingkan dengan iOS atau Android?

A : Windows Phone itu simpel dan unik, bisa dipersonalisasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan penggunanya. Keunggulan lainnya adalah dengan spesifikasi hardware yang rendah, sistem ini masih mampu menjalankan gamegame bermuatan tinggi secara optimal.

O : Pernahkah menggunakan Opera Mini di ponsel sebelumnya? Jika iya, di platform apa, dan bisa ceritakan sedikit pengalamannya?

A : Ketika saya masih menggunakan feature phone Nokia berbasis S40. Opera Mini menjadi browser paling ringan,nyaman digunakan, dan memiliki banyak fitur. Penggunaan browser Opera Mini sangat membantu menghemat energi ponsel dan performanya sangat cepat. Hingga saat ini, saya akhirnya tetap menggunakan Opera Mini di platform Windows Phone.

O : Bagaimana pendapat Mas Afit tentang Opera Mini terbaru untuk Windows Phone ini?
A : Saya senang saat ini Opera Mini sudah tersedia secara resmi untuk para pengguna Windows Phone. Desainnya juga sangat user-friendly, ringan, dan performanya optimal. Namun masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Saran saya, Opera dapat mencoba untuk mengimplementasikan fitur live tile, sehingga dapat menambah keseruan aktivitas browsing melalui Opera Mini, dan menjadi keunikan untuk platform Windows Phone.

O : Apa saja sih 3 aplikasi favorit yang paling sering digunakan di Windows Phone? Mengapa?

A : Tiga aplikasi favorit saya adalah Office untuk mengubah dokumen secara on the go; HERE Maps untuk membantu mencari lokasi di tempat-tempat yang jarang saya kunjungi; dan FB Messenger untuk berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Semoga obrolan singkat ini bermanfaat buat kamu para pengguna Windows Phone. Jangan lupa untuk sampaikan pendapat kamu mengenai Opera Mini untuk versi Windows Phone di kolom komentar di bawah ini atau pun melalui fanpage Opera di Twitter, Facebook, Instagram dan LINE.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now