good stuff

5 hal yang perlu kamu ketahui sebelum diluncurkannya Windows 10

Buat pengguna Windows, pasti sudah tidak sabar dengan hadirnya Windows 10 bukan? Kebanyakan dari kita sangat penasaran dan berharap segera ingin berpindah ke Windows 10 terbaru. Tak heran, karena ini akan memberikan kembali Start Menu favorit dari Windows 7, sistem kontrol suara yang disempurnakan (alias Cortana) dan tampilan antarmuka yang jauh lebih baik.

young-woman-using-a-laptop-on-sofa 2

Untuk menghindari kejutan di menit-menit terakhir dan keresahan, di sini kami berbagi 5 tips untuk bersiap-siap melakukan peralihan ke Windows 10:

1. Pesan upgrade gratis Windows 10 lebih awal.

Update akan diberikan kepada pengguna yang telah mendaftar di Windows Insider beta untuk melakukan uji coba pada program ini. Selanjutkan, Windows 10 ini akan ditawarkan kepada pengguna yang memesan/reserve upgrade gratis sebelumnya. Untuk memilih opsi ini, cukup klik pada ikon kecil dari Windows di bagian taskbar. Ketika upgrade siap, akan ada pemberitahuan dari Windows untuk jadwal instalasi, dan build tersebut akan didownload secara otomatis, sehingga instalasi akhir akan berlangsung lebih cepat.

2. Back up semua file penting.

Jaga semua file penting milikmu sebelum beralih ke Windows 10. Lakukan hal ini sebelum melakukan upgrade, baik dengan menyimpan file di hard disk eksternal atau OneDrive. File-file tersebut akan tersimpan secara defult di hard drive, namun alangkah baiknya jika ada back up lainnya sebagai rencana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Pastikan proteksi antivirus ter-update.

Windows akan meng-uninstall lalu memasang ulang software antivirus versi terbaru untuk melindungi pengaturan atau setting sebelum adanya upgrade OS. Jika masa berlangganan antivirus tersebut telah kadaluarsa, maka program Windows Defender akan diaktifkan secara otomatis.

4. Siap-siap untuk berpisah.

Media Center tidak tersedia di Windows 10. Sebagai gantinya, Microsoft akan menyiapkan aplikasi DVD gratis untuk pengguna Windows Media Center. Selain itu, beberapa aplikasi juga datang dari produsen alat elektronik yang mungkin akan menghapus instalasi upgrade sebelumnya. Untuk info lebih detil dan untuk menghindari kejutan-kejutan yang ada, silahkan kunjungi spek Windows untuk melakukan upgrade.

5. Luangkan 1 jam untuk proses instalasi.

Hanya perlu 1 jam jika kamu telah memesan untuk melakukan upgrade ke Windows 10 sebelum tanggal rilis. Jika tidak, mungkin akan dibutuhkan waktu lebih untuk mendownload software yang ada. Selama proses berlangsung, kamu tidak akan dapat menggunakan perangkat tersebut, sehingga pastikan terlebih dahulu waktu yang kamu punya sebelum melakukan upgrade atau kamu juga bisa melakukan upgrade semalaman ketika PC tidak terpakai.

Perlu kamu ketahui, browser Opera bekerja dengan sangat baik di versi terbaru dari Windows ini. Cek versi stabil yang tersedia Opera 30, atau versi terbaru dari Opera developer build yang juga tersedia untuk Windows 10 dan cobalah hari ini juga.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now