Uncategorized

Belanja online menjadi aman dan mudah dengan daftar ini

Minggu lalu kami sudah memberikan 3 rekomendasi tempat belanja online yang bisa kamu coba, nah sebelum kamu berbelanja secara online, ini tips dari Opera, untuk memastikan kamu mendapatkan pengalaman belanja yang mudah dan aman.

Рисунок1

 

  1. Pastikan kamu mengupdate browsermu dengan versi terbaru. Versi terbaru berarti peningkatan terhadap sistem keamanan yang lebih baik dan aman. Di web browser Opera, fitur auto-update bisa secara otomatis mengupdate browser dengan versi terbaru.
  1. Kamu juga bisa menginstal keamanan tambahan seperti WOT (Web of Trust) di browser komputermu. WOT membantumu untuk tetap waspada terhadap semua situs berbahaya sehingga kamu dapat menghindari masalah ketika anda sedang online. Warna hijau menunjukkan bahwa situs aman untuk dikunjungi, kuning memberitahukan pengguna bahwa mereka perlu berhati-hati, sementara merah menunjukkan situs yang tidak aman. WOT bisa diunduh di browser web Opera.
  1. Periksa apakah website aman sebelum melakukan pembelian apapun. Pada halaman pemesanan, di bagian atas layarmu dimana halaman website terlihat, kamu seharusnya melihat https://. Huruf “s” ditampilkan setelah “http” menunjukan  bahwa website tersebut aman. Kamu juga dapat melihat kolom alamat di browser untuk menemukan gembok tertutup atau simbol kunci tak terputus yang menunjukkan bahwa situs tersebut mempunyai tingkat keamanan yang baik. Jaminan terbaik dari identitas sebuah situs disediakan oleh sertifikasi Extended Validation (EV). Situs-situs EV ditunjukkan oleh lencana keamanan berwarna hijau dengan gembok didalam kolom alamat.
  1. Luangkan waktu untuk membaca tanggapan dari pembeli-pembeli lainnya tentang penjual. Lihalah tanggapan yang dinilai tinggi. Mendapatkan opini kedua selalu merupakan ide yang baik sebelum membelanjakan uang anda.
  1. Kemudian ketika akhirnya menemukan barang yang kamu mau dan siap untuk menekan tombol “beli”, periksalah syarat dan kondisi. Apakah mereka mempunyai kebijakan pengembalian? Cetak dan simpan transaksi daring untuk bukti, termasuk semua email dari dan ke penjual jika sewaktu-waktu anda butuhkan.
  1. Selalu jaga informasi pribadi kamu. Hanya sediakan informasi kartu kredit dalam lingkungan yang aman dan jangan pernah membagi kata kunci atau nama pengguna kepada siapapun. Ingat: bukan hanya kamu yang menikmati belanja online tapi juga para scammer. Jika kamu mempunyai masalah atau melakukan sesuatu yang salah pada saat bertransaksi, cobalah untuk menyelesaikan hal tersebut dengan pihak penjual, pembeli atau operator situs secara langsung.

Berbelanja dapat menjadi tugas cukup sulit. Dengan semua ketersediaan dengan hanya satu klik, berbelanja online bisa membuat hidup menjadi lebih mudah. Kesadaran akan yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan adalah kunci untuk membuat pengalaman berbelanja online jadi menyenangkan. Mudah-mudahan tips ini dapat membantu. Selamat berbelanja!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now