Browser

Opera Mini: 10 Tahun perjalanan internet di ponsel

Tahun ini menandai 10 tahun dari Opera Mini. Sepanjang satu dekade terakhir, Opera Mini telah berkembang bersama teknologi mobile di dunia. Sebelum kita melihat kembali perjalanan dan melihat bagaimana Opera Mini telah berubah, kami perkenalkan terlebih dahulu Opera Mini untuk Android yang paling baru:

Opera Mini terbaru ini dibuat khusus untuk Android, dengan tampilan layaknya native app yang dibuat untuk layar sentuh milik kamu. Pada halaman awal Speed Dial memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan dan mengelola bookmark dan shortcuts ke situs favoritmu. Dengan semua kelebihannya, pengguna akan selalu dapat menghemat banyak kuota data dengan teknologi kompresi dari Opera.

2005: Datangnya Opera Mini yang pertama

Dimulai dengan sebuah visi untuk membuat internet tersedia pada perangkat apapun, dan 10 tahun yang lalu banyak yang melihat bahwa ini hanyalah sebuah fantasi.

Apa kesulitannya? Ada lebih dari 10 sistem operasi (OS) yang berbeda pada ponsel, dan masing-masing produsen ponsel memiliki pandangan sendiri tentang bagaimana konten harus ditampilkan ketika akses WAP masih dibatasi waktu itu. Opera berani bermimpi, dan menyatakan bahwa membawa pengalaman internet sepenuhnya untuk perangkat mobile adalah mimpi yang layak untuk diperjuangkan.

Internet selular sebelum adanya smartphone

Mobile internet sebelum ada smartphone

Masih ingat ini? Sebelum smartphone, ada basic feature phone. Ini memiliki satu kesamaan – mereka semua bisa menjalankan aplikasi Java. Pada tahun 2005, Opera Mini menjadi browser pertama yang memberikan web yang sebenarnya kepada pengguna pada ponsel ini dan memungkinkan masyarakat di seluruh dunia untuk mengakses internet dengan cara yang hanya mungkin dilakukan pada PC sebelumnya. Sederhananya, Opera Mini adalah aplikasi yang wajib dimiliki pada semua pemilik ponsel basic.

Setelah ponsel basic, baik Microsoft dan Nokia datang dengan OS yang lebih kuat (Windows Mobile dan Symbian), yang dalam banyak hal merupakan pelopor dari ponsel pintar modern. Opera Mini bergabung dengan platform ini juga.

Hadirnya smartphone

Pada tahun 2007, Apple mengeluarkan iPhone dan iOS. Tak lama setelah itu, Google merilis versi pertama dari Android. Pada awalnya, masih sulit untuk menyesuaikan. Untuk memberikan fungsionalitas yang sama, kami mengembangkan browser dengan menggunakan tampilan antar-muka kami sendiri.

Saat ini, OS ini telah menjadi platform mobile yang dominan. Jutaan orang di seluruh dunia terbiasa dengan tampilannya. Sehingga kami mulai mengambil keuntungan dari kesederhanaan native tampilan antar-muka milik mereka. Proses ini pertama kali dilakukan pada Opera Mini untuk iOS, dan hari ini kami meluncurkan native Opera Mini di Android, dengan menggunakan ide yang sama.

Facebook & Twitter (Global)

10 tahun ke depan

Seperti halnya ponsel kita, kami masih belum selesai untuk berkembang. Satu dekade terakhir telah mengajarkan bahwa kita dapat terus mengembangkan cara-cara baru dan menarik untuk membuat browsing internet menjadi sederhana, aman, dan cepat. Visi kami masih sama: Memberikan web pada genggaman tangan semua orang, terlepas dari apapun perangkat mereka.

Kita sangat excited untuk melihat apa yang akan terjadi di 10 tahun ke depan.

 

Download Opera Mini dari Google Play store. Gratis, coba browsing sekarang dan berikan komentar kamu ya!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now