Opera tips

Cara bersihkan Cache pada Android dan Opera Mini

cara hapus cache di android

Apakah smartphone Android kamu terasa semakin lamban dan berat saat membuka aplikasi, Opera Friends? Kemungkinan besar masalahnya adalah pada besarnya volume cache yang sudah banyak tersimpan di dalam perangkat kamu.

Apa sih itu Cache?

Sebelum kita bahas cara mengatasi smartphone yang lamban, kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Cache. Cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan data sementara dalam smartphone kamu. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman situs atau performa transfer data pada suatu aplikasi. Namun, cache akan terus menumpuk seiring dengan jumlah aplikasi yang kamu miliki dan situs yang dikunjungi via browser.

Meskipun berbagi aplikasi dan browser secara otomatis akan menghapus cache tersebut dalam jangka waktu tertentu, namun terkadang terjadi masalah yang membuatnya tidak terhapus secara otomatis. Semakin besar volume cache yang tersimpan, semakin besar beban pada kapasitas memori perangkat kamu, terutama apabila ada cache yang rusak.

Oleh karena itu Opera Friends, sebaiknya kamu membiasakan diri untuk menghapus cache secara berkala agar smartphone kamu kembali lancar, tidak lagging lagi, serta cek tips berikut untuk mempercepat performa smartphone kamu

cara hapus cache di android

Cara bersihkan cache pada Android

Jika Android kamu terasa lamban dan tidak mengerti apa penyebabnya, lebih baik kamu sekaligus menghapus semua cache dari segala aplikasi yang kamu miliki. Bagi kamu yang menggunakan perangkat OS Android 4.2 Jelly Bean dan ke atas, cobalah langkah berikut untuk membersihkan semua cache:

  1. Buka menu Settings dan pilih Storage
  2. Tekan informasi “Cached Data” hingga muncul pop-up untuk menghapus cache dari semua aplikasi
  3. Tekan tombol OK untuk konfirmasi menghapus

Cara hapus cache pada Aplikasi

Jika kamu sudah mendeteksi ada masalah pada aplikasi tertentu dalam perangkat Android kamu, kamu dapat membersihkan cache tanpa harus menghapus cache dari aplikasi lainnya yang berjalan normal:

  1. Buka menu Settings, pilih Apps atau Application Manager
  2. Pilih Aplikasi yang ingin kamu hapus cache-nya
  3. Tekan tombol Clear untuk menghapusnya

Cara bersihkan browsing history pada Opera Mini

Menjelajahi puluhan halaman web akan meninggalkan banyak data seperti riwayat pencarian, cookies dan tentunya juga cache. Setelah sekian lama, banyak data yang terkumpul akan menghabiskan ruang penyimpanan pada perangkat kamu. Namun, kamu juga bisa menghapus cache tersimpan agar kamu dapat browsing dengan ringan:

  1. Masuk ke Opera Mini kemudian pilih ikon Opera di pojok kanan bawah
  2. Pilih Settings
  3. Pilih Clear Browsing Data
  4. Centang ‘Clear Cookies and data’
  5. Tekan tombol OK

Perlu diketahui bahwa setiap kamu melakukan pembersihan cache, perangkat akan kembali menyimpan cache baru dan membutuhkan tambahan waktu untuk loading di kunjungan pertama aplikasi dan situs. Hal ini wajar dan akan kembali normal seperti biasa setelah penggunaannya beberapa saat. Tapi, akan ada waktu di mana kamu harus melakukan lagi tahap-tahap di atas agar perangkat smartphone kamu tetap awet. Selamat mencoba, Opera Friends!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now