Browser

Selamat ulang tahun ke-20, Opera!

Horeee! Hari ini Opera menginjak umur 20 tahun 🙂

Blog 20 years Opera - 1

Web tampak sangat berbeda di tahun 1995, begitu juga dengan Opera. Tahukah kamu kalau browser Opera yang pertama diberi nama MultiTorg Opera? Dimana browser ini tersedia pada floppy disk dan pengguna harus membayarnya setelah masa trial habis. 

Semuanya dimulai di Norwegia dari 2 orang programmer komputer, Jon dan Geir. Mereka mulai mengembangkan perangkat lunak yang merupakan proyek dari perusahaan Telenor. Lalu tidak lama setelah itu mereka mendirikan perusahaan mereka sendiri, Opera Software, dan terus bekerja dibidang browser, yang kemudian disebut dengan Opera.

Visi lintas platform

Sejak awal, visi Opera adalah untuk memberikan pengalaman internet terbaik untuk perangkat apapun, terlepas dari kondisi jaringan atau lokasi.

Dengan visi tersebut, browser Opera Mini lahir di tahun 2005 dan dengan cepat menjadi salah satu browser yang paling populer pada ponsel di dunia, karena memungkinkan penggunauntuk mengakses web bahkan dari ponsel dengan spek rendah.

Pada tahun 2006, Opera Mini memiliki 1 juta pengguna, dan dua tahun kemudian menjadi hampir 11 juta. Hari ini, ada lebih dari 269 juta orang di seluruh dunia berselancar di web menggunakan Opera Mini. Kami sangat senang melihat begitu banyak orang menikmati browser ini dan tujuan kami adalah untuk terus menyediakan fitur yang akan membuat browsing dengan Opera Mini lebih lancar dan lebih menyenangkan.

Pada tahun 2012, semua sangat sibuk di Opera, dengan meluncurkan tiga browser baru sekaligus. Pertama hadir Opera untuk smartphone Android, lalu diikuti dengan Opera terbaru untuk komputer. Kemudian, di akhir tahun munculah browser yang revolusioner untuk iOS yaitu Opera Coast. Dengan perilisan dari setiap produk tersebut, Opera telah mempertahankan filosofi kami untuk memberikan pengalaman web yang unggul untuk semua pengguna.

Fakta-fakta seru

Opera Browser untuk komputer adalah browser pertama yang memberikan fitur seperti tabbed browsing dan Speed Dial, yang sekarang diterapkan di semua browser lain. Pada tahun 2009, kami bahkan berusaha untuk menggantikan fitur mouse gesture ke level lebih canggih menjadi face gesture – namun hal tersebut terlalu canggih dijaman tersebut. 😉

Kecepatan juga merupakan fokus yang terus dijaga di Opera. Berkat teknologi kompresi Opera, kami dapat membantu pengguna diseluruh dunia untuk akses online lebih cepat pada koneksi yang kurang baik. Simak video seberapa cepat Opera pada uji coba kecepatan rekor dunia beberapa waktu lalu.

Beberapa tahun yang lalu, kami juga disibukkan dengan membuat browser untuk para kucing, menjawab email yang ditujukan untuk Oprah, dan juga membaca tweet dari pengguna untuk menyempurnakan browser Opera.

Lalu, apa selanjutnya?

Hari ini Opera memiliki lebih dari 350 juta pengguna di seluruh dunia, yang dilalui melalui sebuah perjalanan yang menakjubkan! Kami terus mengembangkan produk Opera dan akan terus bekerja untuk membuat pengalaman internet yang lebih baik. Terima kasih Sobat Opera atas dukungannya dan telah membuat semuanya menjadi mungkin. 🙂


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now