Uncategorized

Hasil penelitian kami: 30% dari keseluruhan penggunaan data ponsel terbuang untuk background data

Apakah kamu tahu bahwa aplikasi seperti Facebook Messenger, WhatsApp  dan Gmail mampu menguras paket datamu sembari berjalan di background? Berdasarkan hasil penelitian terbaru tim Opera Max kami menemukan bahwa rata-rata lebih dari 30% keseluruhan penggunaan data digunakan oleh aplikasi yang berjalan di latar belakang.

30% dari penggunaan paket data adalah backrgound data

Background data  (penggunaan data di belakang layar) adalah data apapun yang digunakan oleh aplikasi kamu ketika kamu sedang tidak aktif menggunakannya ataupun ketika layar ponselmu mati.  

Ini termasuk hal-hal seperti aplikasi berita yang secara konstan memperbaharui konten dan memanggil iklan, menghabiskan paket datamu tanpa kamu menginginkannya. Ini tentunya adalah sesuatu yang berresiko terutama jika kamu sering bepergian dan menggunakan paket data yang mahal.

Riset internal kami menunjukkan bahwa hampir sepertiga dari penggunaan data Android terjadi di belakang layar, sebagian besar terjadi tanpa kamu sadari. Misalnya, 73% dari total penggunaan data Facebook Messenger dan Gmail terjadi di belakang layar. Google Drive dan WhatsApp semuanya menggunakan lebih dari 50% jejak data mereka di belakang layar.

opera max infografik background data

Jadi bagaimana Opera Max, sebuah aplikasi Android gratis, dapat membantu?

Opera Max adalah aplikasi penghemat data dan manajemen data gratis. Selain itu, kami telah bekerja keras untuk menambahkan barbagai kegunaan pada Opera Max, sehingga kamu dapat mengelola penggunaan background data, untuk menghemat lebih banyak data dan memaksimalkan paket datamu. 

Hari ini kami memperkenalkan fitur Smart Alerts  di Opera Max untuk menghemat hingga 30% dari paket datamu. Kamu tidak perlu bersusah-susah mencari tahu aplikasi apa yang menghabiskan datamu, Opera Max akan mengirimkan notifikasi otomatis mengenai aplikasi mana yang menggunakan background data. Notifikasi ini juga memberikan kamu pilihan untuk memblokir penggunaan background data hanya dengan dua kali sentuh.

Berikut adalah beberapa contoh dari Smart Alert Opera Max:

new-smart-alerts-feature-opera-max

Opera Max Smart Alert secara otomatis mengidentifikasi aplikasi mana yang menggunakan banyak data di belakang layar. Opera Max kemudian memberitahu kamu tentang cara mengelola aplikasi yang haus data ini dan memberikan kamu solusi yang sangat mudah yaitu dengan hanya dua kali sentuh untuk memblokir aplikasi dari menggunakan data selulermu.

Fitur ini memungkinan kamu untuk memilih aplikasi mana yang ingin kamu blokir dari penggunaan background data. Tampilan Opera Max yang halus dan menyenangkan membuat kamu dapat mengatur aplikasi mana yang diperbolehkan untuk menggunakan background data. Opera Max juga akan mengeluarkan Smart Alerts ketika mendeteksi penggunaan background data yang berlebihan hingga lebih dari 10 MB per minggu. 

Fitur ini tersedia bagi kamu yang menggunakan Android 4.0 ke atas dan memberikan kendali background data bagi tiap aplikasi. (Google hanya menyediakan tingkat kendali ini bagi pengguna Lollipop dan Marshmallow)

Ini dia si “M” yang baru

Terakhir, pada versi ini kami juga memperkenalkan ikon “M” terbaru dari Opera Max untuk menunjukkan identitas bran Opera. Ikon baru ini memiliki desain yang modern dan menarik sesuai dengan identitas produk kami untuk tahun baru ini dan seterusnya. Semoga kamu menyukainya ya! 

Download Opera Max sekarang dan beri tahu kami pendapatmu. Kamu juga bisa membagikan screen shot penghematanmu di Twitter 🙂


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now