Uncategorized

Tingkatkan Minat Baca, Opera Mini Bersama Worldreader Hadirkan Perpustakaan Online

(Chelsea Islan, Brand Ambassador Opera Mini di Indonesia / Dokumentasi: Opera)

Pengguna internet di Indonesia saat ini selalu meningkat pesat. Jumlahnya kini sudah mencapai kurang lebih setengah dari total penduduk Indonesia atau sekitar Rp 132,7 juta. Hal ini berbanding terbalik dengan ketertarikan mereka pada buku. Studi dari Central Connecticut State University tahun 2016 tentang ‘Most Literate Nations in The World” mendapati Indonesia menempati urutan ke-60 dari total 61 negara.

Bahkan data yang dihimpun statista.com pada Januari 2018, disebutkan bahwa 44 persen populasi masyarakat Indonesia mengambil foto dan video menggunakan ponsel mereka. Dari jumlah tersebut, hanya 3 persen yang menggunakannya untuk membaca buku maupun majalah digital.

Untuk menjawab permasalahan ini, Opera Mini berkolaborasi dengan aplikasi penyedia buku online, Worldreader. Pengguna Opera Mini kini bisa mendapatkan puluhan ribu bacaan gratis di smartphone mereka.

(Jatu Anggraeni, Chelsea Islan, Colin McElwee / Dokumentasi: Opera)

“Worldreader ingin memastikan bahwa masyarakat Indonesia memiliki akses terhadap buku yang mereka butuhkan dan inginkan. Fitur ini menyediakan lebih dari 40.000 e-book yang dapat diakses di Opera Mini secara gratis,” ungkap Colin McElwee, Co-Founder of Worldreader dalam konferensi pers yang digelar Rabu (21/2).

Jatu Anggraeni, Content Editorial Lead Opera Software AS untuk Indonesia, berharap agar kehadiran fitur baru ini bisa membuat lebih banyak orang kembali tergerak untuk membaca. “Dengan platform ini, saya ingin semua orang yang sudah mengakses internet bisa mendapatkan bacaan gratis,” katanya.

Hal senada diungkapkan Brand Ambassador Opera di Indonesia, Chelsea Islan. Aktris cantik ini melihat kebiasan membaca dapat membawa berbagai manfaat yang baik. Salah satunya membantu pelajar dalam memahami informasi atau konsep baru di sekolah.

(Chelsea Islan / Dokumentasi: Opera)

Selain itu, bagi Chelsea membaca buku membantunya untuk memerankan suatu karakter secara lebih baik. “Saya mendukung fitur baru ini dan terdorong untuk ikut serta dalam gerakan memberdayakan masyarakat Indonesia untuk lebih gemar membaca,” pungkasnya.

Untuk mengakses fitur Worldreader, caranya sangat mudah. Unduh aplikasi Opera Mini, lalu klik speed dial Worldreader. Setelah itu, pembaca dapat mengakases ribuan buku digital secara gratis dengan berbagai topik menarik dan relevan yang tersedia dalam 70 kategori dan 43 bahasa.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now