Uncategorized

Misi Penting Chelsea Islan Perangi Kurangnya Minat Baca Generasi Millenial

Chelsea Islan (Dokumentasi Opera)

Brand Ambassador Opera di Indonesia, Chelsea Islan tak pernah berhenti memberikan inspirasi. Aktris cantik berusia 22 tahun sudah tak sabar ingin mengajak lebih banyak lagi orang untuk bisa kembali memiliki minat pada buku bacaan.

Dalam peluncuran aplikasi baru bernama Worldreader pada browser Opera Mini, Chelsea langsung mengumbar mimpinya terkait minat membaca orang Indonesia yang cenderung masih rendah. “Sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak membaca,” katanya.

Chelsea menjelaskan, kehadiran aplikasi bacaan di ponsel pintar tentu akan sangat memudahkan setiap orang untuk membaca. Termasuk, saat dirinya membutuhkan referensi lebih banyak untuk aktivitasnya sebagai aktris. “Kalau perlu mendalami tokoh yang aku perankan, aku bisa baca-baca sejarahnya atau membaca biografinya dulu di aplikasi ini. Aku bisa belajar apa pun di mana pun,” katanya.

Kemudahan ini jugalah, menurut Chelsea, yang seharusnya bisa dirasakan juga untuk generasi millenials. “Dengan membaca, kita bisa banyak belajar,” katanya. Bahkan, Chelsea terkenang saat masa-masa sekolah yang berkaitan dengan buku bacaan. “Kami selalu diwajibkan untuk membaca 2 buku dalam seminggu,” katanya. Tugas sekolah semacam ini yang membuatnya mengenal pengarang populer seperti Paulo Coelho dan Pramoedya Ananta Toer.

(Chelsea Islan / Dokumentasi: Opera)

Oleh karena itu, Chelsea sudah memiliki misi khusus untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi baca ini. “Aku ingin bisa membuat sebuah gerakan yang bisa menjangkau khususnya kota atau desa yang mungkin kurang mendapatkan perhatian,” katanya.

Misi ini cukup beralasan. Chelsea menilai saat ini orang-orang Indonesia yang berada di luar kota-kota besar masih kesulitan mendapatkan akses untuk membaca. “Padahal, pendidikan diawali dengan buku dan mereka tidak punya akses itu,” terangnya. Pemeran tokoh Merry Riana ini pun sangat ingin berbagi kesempatan untuk anak-anak yang mungkin memiliki minat baca tinggi tetapi tidak mempunyai cukup akses.

Yang pasti, Chelsea sangat ingin terlibat langsung di gerakan yang sudah dimimpikannya itu. “Aku langsung terjun ke sana, cara ala aku ya harus ke tempatnya aja atau kerja nyata,” katanya.

Opera Mini baru saja meluncurkan kerja sama dengan sebuah aplikasi baca bernama Worldreader. Aplikasi yang bisa diakses melalui speed dial Opera Mini, menyajikan puluhan ribu pilihan bacaan daring secara cuma-cuma.

Jatu Anggraeni, Content Editorial Lead Opera Sofware AS untuk Indonesia menyatakan kehadiran aplikasi ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca orang Indonesia. “Kami ingin semua orang yang sudah mengakses internet bisa mendapatkan bacaan gratis. Karena, buku bisa membangun kebiasaan orang untuk menjadi lebih kreatif,” ujarnya.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now