Uncategorized

Ekslusif: melihat lebih dekat bagaimana Chelsea Islan menggunakan internet dan Opera Mini

Dahulu, apa yang kita ketahui dan bisa lakukan hanya terbatas pada pengetahuan dan sumber yang kita miliki. Lalu, dengan perkembangan internet, kemampuan untuk mengetahui apa, di mana dan bagaimana cara mendapatkan informasi menjadi lebih penting daripada apapun, yang membentuk kita menjadi masyarakat yang semakin piawai.

Baru-baru ini, Opera bertukar pikiran dengan seorang artis terkemuka Indonesia Chelsea Islan, mengenai bagaimana internet telah menjadi sangat signifikan dalam mendukung kegiatan sehari-hari di era modern saat ini, yang membantu orang agar dapat menjadi lebih berwawasan dan produktif dibandingkan sebelumnya.

Dahulu, apa yang kita ketahui dan bisa lakukan hanya terbatas pada pengetahuan dan sumber yang kita miliki. Lalu, dengan perkembangan internet, kemampuan untuk mengetahui apa, di mana dan bagaimana cara mendapatkan informasi menjadi lebih penting daripada apapun, yang membentuk kita menjadi masyarakat yang semakin piawai.

Baru-baru ini, Opera bertukar pikiran dengan seorang artis terkemuka Indonesia Chelsea Islan, mengenai bagaimana internet telah menjadi sangat signifikan dalam mendukung kegiatan sehari-hari di era modern saat ini, yang membantu orang agar dapat menjadi lebih berwawasan dan produktif dibandingkan sebelumnya.

Internet membantuku menjadi Serba Bisa

“Internet ibarat jutaan buku dalam satu tempat” adalah hal pertama yang muncul di benak Chelsea. Singkat dan sederhana, namun mengarah ke diskusi yang menarik dan mendalam. Chelsea selalu dikenal sebagai seorang aktris muda berprestasi di industri perfilman tanah air, yang karya-karyanya telah membuat banyak mata dan telinga terpukau. Namun, mencapai posisi dia saat ini bukanlah suatu perjalanan yang mudah. Bahkan, penuh rintangan yang tiada henti.

“Kuncinya adalah selalu berusaha untuk menjadi ‘Serba Bisa’, terlepas dari segala tantangan yang ada. Aku sangat mengandalkan internet untuk mencari tahu segala wawasan, pengetahuan dan sumber yang dibutuhkan. Dengan begitu, aku bisa menjadi pribadi yang mandiri dan efektif.”

Semangat inilah yang mendorong Chelsea hingga memutuskan untuk bergabung dengan kampanye terbaru Opera, yakni “O Serba Bisa”. Sejalan dengan bagaimana Opera telah membantu para pengguna untuk dapat melakukan lebih banyak hal di web, dari memblokir pop up ads hingga menghemat lebih banyak paket data serta memberikan kemudahan dalam mengunduh video, yang memungkinkan mereka untuk mengoptimalisasi pengalaman browsing, O Serba Bisa – yang ditandai dengan hashtag #OSerbaBisa adalah sebuah kampanye yang baru saja diluncurkan, untuk mendorong orang agar memiliki sifat ‘serba bisa’ dan menjadi lebih produktif, pandai dan piawai.

Seorang pengguna Opera Mini sejak SMP

Pertemuan pertama dengan Chelsea terjadi pada saat sesi pemotretan untuk kampanye ini dan kami disambut oleh kepribadiannya yang hangat dan penuh semangat. Tidak butuh waktu lama untuk akrab dengan Chelsea karena dia pun sudah cukup kenal dengan browser bertema warna merah ini dan bahkan sudah menggunakannya sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Aku sudah menggunakan Opera Mini sejak kelas 8. Selain untuk mengakses media sosial, aku dan teman-teman sering menggunakan Opera Mini untuk membantu keperluan riset dalam mengerjakan tugas sekolah. Jadi, saat aku mendengar kata ‘Opera Mini’, aku pun langsung ‘ngeh’ dan tentunya berterima kasih karena dari dulu Opera sudah sangat membantu.”

Ternyata, kebiasaan Chelsea dalam menggunakan internet untuk keperluan riset edukasinya tidak berhenti sampai di situ saja. Dia tetap konsisten menggunakannya untuk membantu kesehariannya sebagai seorang aktris. Ia lanjut menjelaskan bagaimana pekerjaannya menuntut dia untuk menjadi ‘Serba Bisa’, hingga dapat memerankan berbagai karakter dengan kepribadian, emosi, aksen, penampilan dan latar belakang yang berbeda-beda.

“Internet selalu ada di sisi aku, sepanjang karir aku. Contohnya, aku menggunakannya untuk mencari tahu tipe karakter yang akan aku perankan dan bagaimana aku harus menampilkan diri aku untuk film tertentu. Aku sudah bermain di beberapa film yang melibatkan sejarah, yang tentunya mustahil untuk aku pelajari dengan mudah kalau bukan karena internet. Jadi, aku melihat internet seperti kumpulan beragam warisan sejarah dan budaya manusia.”

 Tim Opera bersama Chelsea Islan

Tim Opera bersama Chelsea Islan

Berinteraksi dengan para fans melalui internet

Seperti selebriti pada umumnya, Chelsea pun menggunakan internet untuk berinteraksi dengan audience, terutama para fans, dengan memberikan update di media sosialnya. Bukan hanya update aktivitas regulernya, tetapi penggemar filosofi berprestasi ini juga sering memanfaatkannya untuk menyebarkan energi positif, dengan berbagi kutipan-kutipan motivasional dan inspirasional. “Aku ingin membantu orang agar bisa mendapatkan pencerahan melalui kutipan-kutipan yang memotivasi, sambil menyebarkan energi positif. Jika internet digunakan dengan baik, kita dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk belajar bersama serta mendidik dan menginspirasi satu sama lain.

Bicara mengenai belajar, beberapa tahun terakhir Chelsea turut aktif dalam mengajak generasi muda untuk menggunakan internet sebagai sarana edukasi.

“Bagi aku, internet sendiri adalah pengetahuan. Pengetahuan berperan penting untuk menjadi ‘Serba Bisa’.” Pernyataan Chelsea ini pun memantapkan alasan bahwa ia adalah sosok yang paling tepat sebagai Brand Ambassador Opera yang baru, sepanjang kampanye O Serba Bisa.

Semua orang bisa menjadi Serba Bisa

Chelsea kemudian menggambarkan persona ‘Serba Bisa’ sebagai suatu kemampuan untuk dapat melakukan banyak hal dan meraih berbagai tujuan dalam hidup. Dengan kata lain, pentingnya produktivitas, mampu multitasking dan menghargai waktu. “Dan aku percaya semua orang bisa menjadi ‘Serba Bisa’, dengan pola pikir yang tepat, tekad dan kerja keras.”

Chelsea mengutip seorang filsuf Inggris John Locke, yang pernah mengatakan bahwa manusia dilahirkan seperti lembaran kosong dan lingkungan sekitarlah yang membentuk bagaimana kita memandang dunia. Ia memaknai kutipan tersebut dengan sangat personal karena ia menjadikan orang tuanya sebagai panutan pertama dan paling penting, hingga ia tumbuh dewasa. “Terutama ibuku, yang menjadi mentorku untuk menjadi pribadi yang mandiri dan berprinsip, dan agar selalu memiliki mimpi untuk diraih.”

Dengan menjadi ‘Serba Bisa’, Chelsea membuktikan bahwa semua orang dapat meraih banyak hal dalam hidup. Terlepas dari kesibukan karirnya di dunia perfilman, ia pun berhasil mendapatkan penghargaan “Innovative Young Leader 2017” dari Institusi Demokrasi dan Edukasi Indonesia. Prestasi bergengsi ini kemudian mendorongnya untuk mendirikan Youth of Indonesia (YOI), sebuah organisasi berbasis komunitas yang terfokus pada pengembangan generasi muda.

Berkolaborasi dengan Opera untuk kampanye #OSerbaBisa agar mendukung anak muda

“Internet telah banyak membantu aku dalam menjalankan komunitas ini dan menyebarkan pesan positif karena kami selalu memanfaatkannya untuk berbagi informasi, edukasi, values, undangan acara serta membangun jaringan. Tanpa internet, kami tidak akan bisa meraih tujuan kami.”

Oleh karena itu, Opera tidak mengharapkan apa-apa dari Chelsea selain agar ia menjadi dirinya sendiri selama mewakili Opera pada kampanye ‘O Serba Bisa’. Setiap momen bersama Chelsea terasa luar biasa dan banyak hal menarik lainnya yang akan dilakukan, dengan kolaborasi antara Chelsea Islan dan Opera.

Tonton video interview bersama Chelsea Islan untuk lihat versi lengkapnya:


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now