Uncategorized

Inovasi teknologi yang akan hadir di masa depan

Opera Friends, sadar gak sih kalau sekarang hidup kita sangat dipengaruhi oleh teknologi? Tanpa kita sadari, kita sudah tidak bisa lepas dari kemudahan dan kecanggihan teknologi, dan bahkan, teknologi telah mengubah gaya hidup kita secara keseluruhan. Tentunya berubah degan positif, loh! Untuk membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah dan juga lebih menarik, para pakar teknologi seluruh dunia pun terus berinovasi.

Contohnya, beberapa tahun belakangan ini smart TV sedang marak di pasaran. Smart TV menggabungkan teknologi televisi dan komputer, yang mana pengguna dapat menyaksikan acara televisi regular maupun streaming layanan video dari internet di perangkat yang sama. Bukan hanya itu, pengguna pun dapat browsing layaknya di komputer pada umumnya. Jadi, kamu tidak perlu lagi repot pindah antara komputer dan TV karena berbagai keperluan hiburan kamu sudah tersedia dalam 1 unit smart TV.

Virtual Reality (VR) pun juga semakin populer sejak mulai tersedia dan terjangkau bagi masyarakat umum.  Dengan menggunakan perangkat kacamata VR, pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan maya, sehingga membuat pengalaman menonton atau bermain video game kamu jadi lebih seru! Teknologi VR pun dapat dinikmati melalui Opera Browser untuk komputer. Tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa menyaksikan berbagai video 360 kesukaan kamu yang tersedia di internet.

Nah, kira-kira inovasi teknologi baru apa lagi ya, yang akan tersedia di masa mendatang? Menurut beberapa pakar, berikut adalah teknologi yang dapat kamu nikmati:

1.Gelang Smartphone

Saat ini sebuah perusahaan teknologi sudah mulai merancang konsep gelang yang berfungsi sebagai smartphone. Saat memakai gelang tersebut, layar smartphone akan diproyeksikan di kulit tangan kita lengkap dengan teknologi touch screen layaknya smartphone saat ini. Notifikasi LED, koneksi WiFi, Bluetooth, bahkan port mini USB pun tersedia. Kamu juga dapat menggunakan smartphone kamu saat sedang mandi atau bahkan kegiatan ekstrim lainnya, tanpa harus khawatir smartphone kamu akan rusak.

2. Head-up Display (HUD)

Di masa depan, kamu juga akan dimudahkan saat berkendara dengan adanya Head-Up Display (HUD) digital yang muncul pada kaca depan kendaraan. HUD tersebut akan tampil sebagai lapisan transparan yang tidak akan mendistraksi kamu, namun justru memberikan informasi perjalanan seperti kecepatan, sisa jumlah bensin, kondisi kendaraan dan navigasi jalan . Kamu tidak perlu lagi membuka aplikasi penunjuk jalan di smartphone atau khawatir dengan kondisi kendaraan kamu, karena semua akan terlihat jelas di layar kaca kendaraan.

3.‘Internet for everyone’

Sebuah perusahaan tengah merancang sebuah proyek untuk mengirim hampir 4.000 satelit kecil menuju orbit bumi, yang akan menyalurkan sinyal nirkabel berkecepatan tinggi ke seluruh penjuru di planet ini. Proyek ini direncanakan dapat rampung di tahun 2020. Tujuan dari projek ini adalah untuk membantu semua orang di penjuru bumi agar dapat menikmati jaringan WiFi dan mengakses internet dengan mudah di mana saja.

4.Eye control technology

Teknologi ini dapat mengenali wajah dan gerakan mata untuk mengendalikan smartphone atau device lainnya. Teknologi pengenal wajah sudah dapat ditemukan di beberapa smartphone  saat ini. Di masa depan, diprediksi bahwa kita dapat mengendalikan apapun seperti swipe up dan swipe down, atau bahkan bermain game sekalipun hanya dengan menggunakan gerakan mata. Teknologi ini diprediksi akan dapat digunakan pada tahun 2019.

5. 3D printing in every home

Jika saat ini kamu masih harus sabar menunggu pengiriman ke rumah setelah berbelanja online, di masa depan kamu dapat langsung mencetak barang yang kamu beli, Opera Friends. printer 3D akan merevolusi cara kamu berbelanja. Pada tahun 2037, setiap rumah diprediksi akan memiliki printer 3D yang bisa mencetak hampir semua hal, dari elektronik, furnitur, bahkan makanan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli dan mengunduh file dari internet.

Jadi, bersiaplah untuk akhirnya hidup di dunia science fiction, yang biasanya hanya dapat kamu lihat di film saja. Seiring dengan teknologi yang terus berkembang, Opera juga akan terus memberikan inovasi terbaik untuk pengalaman browsing kamu yang luar biasa, sesuai dengan tagline ‘Do More’. Saat ini, fitur newsfeed pada Opera Mini sudah dilengkapi dengan teknologi terkemuka Artificial Intelligence (AI). AI pada Opera Mini mempelajari konten yang paling banyak dibaca dan akan memberikan saran artikel berdasarkan hal tersebut.

So, are you ready for the future, Opera Friends?


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now