Uncategorized

Tahun Baru, browser baru – Opera 50 memperkenalkan alat anti-penambangan Bitcoin

Hai semuanya,

Kita memasuki tahun baru ini dengan sebuah browser terbaru, dan berharap kamu juga gembira seperti apa yang kami rasakan. Opera 50, edisi angka bulat yang merupakan tonggak pencapaian kami, datang dengan alat anti-penambangan Bitcoin, dilengkapi dengan VR360 yang mendukung Oculus, Chromecast dan banyak fitur keren lainnya.

Satu-satunya browser yang menghentikan penambangan Bitcoin di komputer kamu

Semua orang membicarakan mengenai Bitcoin akhir-akhir ini. Kenaikan nilai Bitcoin yang secara tiba-tiba menunjukkan semakin banyaknya orang yang ingin menambang menggunakan program mencurigakan melalui pengguna PC awam. Situasi ini mungkin terdengar tidak asing: CPU kamu tiba-tiba bekerja dalam kapasitas 100%, kipas yang bekerja lebih tanpa alasan dan baterai yang cepat habis. Ini adalah tanda seseorang yang mungkin menggunakan komputer kamu untuk menambang cryptocurrency atau mata uang kripto dan dapat terus melakukannya bahkan setelah kamu meninggalkan situs tersebut. Hal ini adalah masalah yang sudah mempengaruhi sekitar 500 juta orang di dunia, namun tidak terjadi pada mereka yang memilih Opera 50

Kami, sebagai satu-satunya browser dengan pemblokir iklan terpadu, memiliki solusi untuk menjaga penambang Bitcoin dari menyalahgunakan mesin kamu.

Setelah kami memperbarui aturan mekanisme pemblokir ikan yang terdapat pada browser Opera, kami menghilangkan program penambangan mata uang kripto yang berlebihan menggunakan kemampuan perangkat komputer kamu.

Ini cara kerjanya:

Untuk menecegah situs penambangan mata uang kripto dari menggunakan komputer kamu, cukup dengan mengaktifkan pemblokir iklan di Opera. Kamu juga dapat menemukan dan mengubah NoCoin pada ‘Settings’ (Preferences pada macOS) > Basic > Block ads, yang terdapat pada daftar ‘Recommended’ filter iklan. Jika kamu menyukai iklan tetapi masih ingin melindungi diri dari penambangan Bitcoin, kamu cukup menghapus tanda centang pada ‘EasyList’ dan membiarkan kotak NoCoin tercentang. Akhirnya – kamu terlindungi.

Dengan menyalakan NoCoin, halaman yang disematkan dengan program penambangan mata uang kripto akan diblokir dengan mekanisme yang sama dengan memblokir iklan.

Mendukung Chromecast – stream konten favorit kamu dari browser ke layar besar

Chromecast adalah perangkat yang memudahkan kamu untuk stream konten dari browser ke layar TV atau audio system rumah kamu tanpa harus menghubungkan kabel setiap waktu. Google baru-baru ini mengungkapkan bahwa mereka telah menjual 55 juta unit sejak meluncurkan perangkat di bulan Juli 2013. Untuk kenyamanan kamu, Opera 50 sekarang mendukung pemutaran Chromecast.

Untuk memulai casting, pertama pilih Settings (Preferences pada macOS) > Browser > User Interface dan centang “Enable Chromecast support” atau “Aktifkan mendukung Chromecast.” Opera 50 dapat mendukung casting untuk video, tabs browser atau tampilan secara keseluruhan desktop kamu. Misalnya Untuk memulai casting video YouTube, klik ikon cast yang ada pada kontrol pemutar video.

Membuka konteks halaman menu atau O-Menu (View pada macOS) adalah cara alternatif untuk memulai casting.

Peningkatan VR Player

Opera 50 hadir dengan banyak perubahan yang memungkinkan kamu untuk lebih banyak lagi menikmati konten VR di web.

Kerjasama dengan Oculus SDK!

ami mulai mengerjakan pemutar VR di Opera untuk memastikan bahwa keseluruhan pengalaman dunia virtual 360 derajat dapat tersedia untuk para pengguna kami hanya dengan satu kali klik. Kami mulai dengan dukungan OpenVR, namun untuk sekarang, setelah kolaborasi dengan rekan kami di Oculus, kami dapat mengumumkan bahwa dukungan Oculus SDK akan diaktifkan dengan Opera 50. Oculus Rift adalah pencapaian yang luar biasa pada dunia virtual reality dan dengan senang hati kami mengumumkan bahwa pengguna Oculus dapat menikmati Opera VR Player secara langsung.

Penguraian software

Pada rilis awal kami mengenai pemutar VR 360, terdapat beberapa tips dan trik yang mungkin dibutuhkan pengguna untuk menangani beberapa skenario VR, seperti menggunakan VR Player ketika GPU mereka tidak mendukung format VP8 atau VP9 YouTube.

Namun, saat ini kami telah implementasi penguraian sofrware pendukung pada kode program kami, sehingga kamu tidak perlu memasang ekstensi apa pun untuk menangani hal ini. Ini merupakan perubahan yang sangat signifikan yang memungkinkan para pengguna untuk menikmati VR secara online.

Pendeteksi format otomatis

Virtual Reality masih sangat baru dan cakupannya masih belum terdefinisi. Konsekuensinya adalah tidak ada dukungan dalam video untuk mengatasi metadata video VR, seperti format atau mode stereoskopi. Ada beberapa kombinasi metadata yang tersedia saat ini.

Ini sebabnya kami menambahkan pendeteksi berbasis JavaScript untuk pemilihan situs-situs yang popular seperti YouTube, Facebook atau Vimeo – untuk membantu deteksi format secara otomatis pada mode pemutaran yang tepat.

Tombol keluar

Kami mempunyai antusiasme yang sama untuk VR dan kami tahu terkadang VR sulit dihentikan apabila pengguna ingin berhenti. Meski begitu, kami menyadari bahwa tombol Exit VR dibutuhkan karena ketika pengguna menggunakan VR, mereka tidak melihat antarmuka browser dan mungkin tidak jelas bagaimana caranya untuk menghentikan pemutar VR dengan tepat.

Dengan mengklik tombol “Turn off”  atau “matikan” di Opera VR 360 Player, perangkat kamu akan kembali ke layar awal.

Menyimpan halaman menjadi PDF

Menyimpan sebuah halaman untuk dibaca secara offline, mengirim halaman tersebut ke perangkat lainnya, atau menyimpan halaman untuk referensi di waktu yang akan datang, sekarang dapat dilakukan dengan fungsi  “Save Page as PDF.

Untuk menyimpan sebuah halaman menjadi PDF, pilih O-Menu (atau file pada macOS) dan pilih “Save Page as PDF.” Saat diklik, fungsi tersebut akan menyimpan seluruh halaman web sebagai satu PDF. Jalan pintas juga dapat diciptakan melalui Settings (Preferences di macOS) > Browser > Shortcuts > Configure Shortcuts.

Berkas yang dibuat akan memanfaatkan kemampuan PDF, yang berarti akan lebih kecil dari sebuah screenshot biasa yang disimpan dalam format PNG dan kamu dapat memilih dan menyalin teks.

Opera juga sudah menawarkan cara tradisional untuk membuat sebuah PDF. Kamu harus terlebih dahulu mencetak halaman browser tersebut. Pada kotak dialog printing yang muncul, pilih “Save as PDF” sebagai pilihan printer kamu. Terdapat beberapa pilihan yang dapat mengendalikan bagaimana PDF akan dihasilkan, termasuk layout, headers, margin dan lain sebagainya. Ini adalah pilihan terbaik jika kamu ingin mencetaknya.

Apa perbedaan antara 2 metode ini?

Pilihan Save Page as PDF baru kami akan menyimpan tepat seperti apa yang kamu lihat di layar kamu. Ini cocok untuk membaca secara offline, membagikan halaman atau menyimpan pada perangkat kamu untuk referensi di waktu yang akan datang. Metode printing akan meminta halaman tersebut untuk merubah layout yang ramah printer. Sebagai hasilnya, kamu akan mendapatkan sesuatu yang berbeda dari apa yang kamu lihat di layar.

Tab menu yang lebih berfungsi

Kami telah membersihkan dan menyusun kembali pilihan pada tab menu ke bagian terkait sementara juga memberikan fungsi aksi baru. Membuka kembali tab dan window browser yang ditutup sekarang lebih mudah dengan tombol “Reopen Last Closed Tab” yang dipindah ke bagian bawah. Pilihan dapat berubah menjadi “Reopen Last Closed Window” (untuk platform Windows dan Linux) jika window adalah hal terakhir yang ditutup.

Reload” dan “Reload All Tabs” adalah 2 fungsi baru untuk segera me-refresh sesi browsing kamu saat ini. Fungsi “Reload All Tabs” menanyakan konfirmasi kegiatan kamu jika kamu memiliki lebih dari 10 tab terbuka.

Konverter mata uang yang dilengkapi dengan cryptocurrency

Kami adalah penggemar dari mata uang kripto, namun kami hanya tidak ingin mereka menambang dari komputer kamu tanpa izin. Kami sudah lama menawarkan konverter mata uang dan telah memperluas daftar mata uang yang diakui oleh konverter mata uang kami dengan 4 mata uang kripto populer:

  1. Bitcoin (BTC), 1.00 BTC
  2. Ethereum (ETH), 1.00 ETH
  3. Bitcoin Cash (BTH), 1.00 BCH
  4. Litecoin (LTC), 1.00 LTC

Untuk memilih mata uang utama yang akan dikonversi, pilih Settings (Preferences di macOS) > Browser > User Interface dan pilih mata uang dari “On text selection convert to” pada  menu pilihan konversi.

Konverter satuan ukuran yang lebih baik

Hari ini, konverter satuan ukuran kami, yang memungkinkan kamu mengonversi satuan misalnya dari kilogram menjadi pon atau meter menjadi kaki saat berada pada halaman tertentu, menjadi lebih baik dengan ditambahnya dukungan mengubah milimeter (mm) menjadi inchi (in). Selain itu, dapat juga mengubah dimensi. Ini berarti kamu akan dapat mengonversi dimensi bingkai foto 10 x 10in atau koleksi mobil mainan 10 x 50 x 25 mm sambil browsing.

Melindungi sesi browsing kamu dari crashing

Setelah mendeteksi crash yang mengulang, Opera 50 tidak akan menghilangkan sesi browser kamu yang sedang dibuka. Sebaiklnya, semua halaman akan ditandai untuk dimuat ulang secara manual setelah diaktivasi kembali, kecuali tab terbuka yang akan menjelaskan masalah yang dihadapi. Ini akan memperbaiki masalah menyebalkan kehilangan semua tab terbuka yang disebabkan oleh masalah yang tidak terkait seperti sinkronisasi.

VPN diperbarui kembali

Browser VPN tercepat dan lebih baik

Pada bulan September 2016, kami memperkenalkan layanan VPN gratis yang tidak terlacak dan terintegrasi langsung pada browser. Opera tetap satu-satunya browser yang menyediakan layanan unik ini. Sekarang, kami memperkenalkan pengingkatan utama pertama ke layanan browser VPN kami.

Beralih ke pusat data Opera

Sebelumnya, layanan VPN dipegang dan dioperasikan oleh SurfEasy LLC. Namun, kami telah

investigasi pilihan terbaik untuk hosting layanan tersebut dan telah disimpulkan bahwa layanan browser VPN akan beralih ke pusat data kami sendiri. Infrastruktur server Opera yang merupakan salah satu kluster komputer super berkapasitas tinggi di dunia, kini sudah menjadi host layanan seperti mesin kompresi untuk Opera Mini.

Berubahnya lokasi layanan VPN Opera ke pusat data kami meningkatkan kinerja, skalabilitas dan keseimbangan kemampuan, sementara tetap menjaga layanan tersebut sebagai gratis dan tidak terlacak.

Dari negara sampai wilayah benua

Ketika kami memindahkan layanan VPN kami pada pusat data Opera, kami juga mengubah daftar lokasi berdasarkan negara menjadi wilayah benua. Untuk browser VPN versi terbaru, kami menyediakan pilihan berikut: Lokasi Optimal (default), Amerika, Eropa dan Asia. Lokasi-lokasi tersebut akan diluncurkan secara bertahap.

Kualitas pencarian yang lebih baik dengan pengaktifan VPN

Dengan terus berkembangnya penggunaan layanan browser VPN gratis, kami juga memperhatikan banyak orang yang mengeluh tentang kualitas hasil pencarian ketika layanan VPN diaktifkan. Ketika arus data besar mengalir melalui IP tertentu, mesin pencarian cenderung mengklasifikasikan ke area tertentu. Sebagai hasilnya, kamu mungkin mendapatkan semua hasil pencarian kami dalam bahasa Ukrania atau Belanda, dan bahasanya dapat kembali berubah secara tak terduga.

Sampai sekarang, ini adalah masalah pada sebagian besar layanan VPN. Karena kualitas pencarian adalah bagian penting dari pengalaman browsing, kami telah memutuskan untuk memecahkannya melalui fitur “pencarian lokal.”

Secara standar, Opera Browser sekarang akan tidak akan menggunakan VPN ketika kamu menggunakan mesin pencaria lokal seperti Google, Bing atau Yandex. Koneksi ini akan tetap aman melalui Secure Sockets Layer (SSL), tetapi IP lokal kamu akan terdeteksi oleh mesin pencarian. Ketika kamu klik pada link untuk beralih dari mesin pencarian, layanan browser VPN akan diaktifkan kembali secara otomatis. Kami percaya ini adalah keseimbangan yang bijak antara privasi yang multak dan kenyamanan pengguna.

Pengguna juga dapat browsing dengan fitur “pencarian lokal” yang dimatikan dengan menggunakan window pribadi. Kemudian, koneksi browser VPN akan diberlakukan pada website apapun, termasuk mesin pencarian kamu.

Video yang lebih lancar di macOS

Opera 50 memberikan pengalaman video yang lebih baik secara keseluruhan dengan pemutaran yang lebih lancar, pencarian yang lebih tajam dan pemuatan yang lebih cepat pada video resolusi tinggi.

Solusi baru ini memiliki dampak yang positif pada kedua penggunaan CPU dan RAM, serta penggunaan daya listrik atau baterai. Peningkatan tersebut lebih terlihat ketika memutar video resolusi tinggi.

Dibalik Sistem

Opera 50 didukung oleh versi Chromium 63 versi yang disempurnakan. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai perubahan pada mesin ini, silahkan kunjungi dev.opera.com.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now