Uncategorized

Kebiasaan Sederhana untuk Melindungi Diri dari Hacker

Opera Friends, internet telah menjadi aspek penting bagi generasi saat ini. Ke mana pun kamu pergi – baik itu untuk bekerja atau bahkan hanya untuk sekedar nongkrong santai dengan teman – hal pertama yang akan kamu cari adalah WIFI gratis, benar kan? Sebagian besar tempat sekarang menyediakan akses WIFI publik secara gratis sebagai bagian dari layanan bagi pelanggan mereka. Namun, sesuatu yang gratis biasanya memiliki konsekuensinya sendiri. Smartphone atau komputer kamu akan rentan terhadap bahaya potensial ketika terhubung dengan WIFI publik dan ini merupakan peluang strategis bagi hacker untuk mengakses informasi kamu dan melacak aktivitas pribadimu, seperti kredensial perbankan dan media sosial kamu, situs yang kamu kunjungi, dan setiap  kata yang kamu ketik di halaman web.

  Jadi, bagaimana kamu dapat mencegah hal ini agar tidak terjadi padamu? Nah, berikut adalah beberapa tips sederhana yang perlu kamu ikuti agar tetap aman.


  1.  Jangan masuk ke akun pribadi seperti email dan media sosial

Ini adalah halaman web paling umum yang kamu kunjungi setiap hari, terutama saat kamu ingin membaca beberapa email pekerjaan atau memeriksa update terbaru di media sosial kamu. Hindari aktivitas seperti itu dengan WIFI publik gratis apabila kamu tidak yakin bahwa smartphone atau komputer kamu sudah terlindungi dengan baik.


  1.   Hindari aktivitas transaksi pembayaran secara online

Senang berbelanja online? Atau sering memanfaatkan kemudahan perbankan online? Lebih baik untuk melakukannya di rumah atau kantor, di mana kamu yakin koneksimu lebih aman daripada dengan WIFI publik gratis. Kami mengerti, seringkali kamu melakukan ini pada waktu senggangmu, yang biasanya ketika berada di kafe di tengah waktu kerja atau saat kamu sedang menunggu teman.

Namun, kelalaian dalam hal ini dapat mengakibatkan masalah keuangan yang fatal, yang mana rekening bank kamu dapat diakses dan kartu kreditmu dapat digunakan oleh para hacker. Nah, siapa yang mau kehilangan uang? Tidak ada, kan! Jadi, berhati-hatilah, Opera Friends.


  1.   Jangan menginstal file APK tidak resmi dari sumber yang tidak dikenal

Untuk kamu belum tahu APK atau Android Package Kit adalah paketan format file yang digunakan oleh sistem operasi Android kamu, untuk mendistribusikan dan menginstal aplikasi mobile. Teknisnya, seharusnya kamu bisa menemukan dan menginstal semua kebutuhan aplikasi android kamu dari toko-toko resmi yang tersedia di gadget-mu.

Untuk berbagai alasan, mungkin kamu penasaran untuk menginstal APK bajakan agar tidak menghabiskan uang atau aplikasi unik yang menurut kamu keren dan berbeda dari yang lainnya. Jangan lakukan itu! Seringkali, APK tersebut mengandung malwares yang akan merusak sistem kamu, dan lebih buruknya lagi, mencuri data pribadimu serta melacak penggunaanmu.


  1.   Gunakan VPN terpercaya untuk melindungi dirimu

VPN atau Virtual Private Network adalah solusi terbaik untuk menambahkan keamanan dan privasi ketika kamu terhubung dengan internet melalui akses WIFI publik atau bahkan di manapun, di rumah atau di kantor. Apabila kamu menghargai data sensitifmu, kamu perlu mempertimbangkan untuk menggunakan VPN di setiap aktivitas online-mu.

Opera menawarkan layanan VPN, baik untuk smartphone maupun komputer kamu, yang dapat mengenkripsi datamu. Untuk komputermu, fitur VPN sudah menjadi hal standar pada Opera Browser. Jadi, tidak perlu memasang plug-in tambahan. Untuk smartphone, kamu dapat menginstal aplikasi VPN seperti Opera Free VPN – aplikasi VPN tak terbatas yang dikembangkan oleh OSL Networks dari Google Play dan Apple App Store.

Satu hal penting yang perlu diingat; selalu instal dan gunakan aplikasi smartphone atau perangkat lunak komputer dari sumber-sumber yang terpercaya. Pengembang aplikasi Android harus sangat berhati-hati dalam menjaga keamanan. Di Opera, prioritas kami adalah untuk memberikan solusi teraman ketika terhubung ke World Wide Web. Ini merupakan salah satu alasan mengapa kami terus-menerus meningkatkan aplikasi dan program kami, dan memberikan update terbaru.

Untuk informasi lebih lanjut tentang fitur VPN kami pada Opera Browser untuk komputer, kunjungi ini.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now