Uncategorized

Internet dan kebebasan anda

Beberapa hari yang lalu, warga Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaannya yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Euforia dirasakan sepanjang bulan Agustus untuk mengingatkan diri kita mengenai betapa berharganya nilai hak asasi manusia: kebebasan.

Zaman sekarang, kita menikmati kebebasan informasi dari terobosan teknologi. IItulah kenapa Opera didirikan dan kami selalu berusaha untuk terus meningkatkan layanan untuk Anda. Namun, mudah untuk lupa begitu saja bahwa hari ini apa yang kita miliki adalah hak istimewa dan kemudahan akses yang sebelumnya tidak kita miliki sama sekali; Sebenarnya, mereka tertekan dan jauh dari pengetahuan. Jadi, berhubung kita masih dalam semangat merayakan kemerdekaan Indonesia bulan ini, mari kita renungkan sejenak mengapa internet adalah simbol penting bagi hak asasi manusia dan kemerdekaan.


  1.     Mencari dan berbagi informasi tidak pernah semudah ini

Kembali pada era perang dunia ke-2 atau bahkan puluhan tahun setelahnya, berita dan informasi sangat berharga. Orang bergantung pada surat kabar untuk mengetahui urusan nasional terkini. Keluarga berkumpul mengelilingi radio untuk mendapatkan live update. Underground newswires beroperasi dalam kerahasiaan untuk mengungkapkan kebenaran dan melawan propaganda. Sarjana dan profesional menghabiskan waktu berjam-jam di perpustakaan untuk belajar dan mengeksplorasi keajaiban dunia.

Hari ini, berkat internet dan teknologi gadget portable, semua yang anda butuhkan atau ingin anda ketahui ada di telapak tangan anda. Dari klik sederhana, anda tidak hanya dapat mengakses berita di seluruh dunia, namun anda juga dapat berbagi informasi sendiri. Sangat mudah untuk mengabaikan dan meremehkan hak istimewa yang kita miliki saat ini; tapi ini adalah hari peringatan bahwa kita dapat benar-benar menghargai berapa banyak kebebasan yang kita miliki saat ini, dibandingkan dengan perjuangan nenek moyang kita yang berjuang melawan kebebasan dulu.

  1. Kebebasan untuk mengekspresikan diri dengan beragam cara

Internet membawa kita ke tingkat hak asasi manusia berikutnya dengan memberi kebebasan untuk mengekspresikan diri kita. Melihat kembali sejarah, tidak mudah bagi setiap orang untuk mengungkapkan pemikiran dan keyakinan mereka. Paling tidak, orang perlu turun ke jalan, aktif secara sosial untuk menyampaikan pesan mereka, atau jika mereka cukup beruntung, mendapat perhatian dari media massa.

Hari ini, setiap orang dapat memilih medianya sendiri, apakah itu mempublikasikan artikel di blog pribadi atau situs web, podcast acara radio anda sendiri, memiliki rangkaian video anda sendiri, ekspresikan pemikiran anda dengan gambar atau cukup bagikan opini anda dalam kurang dari 140 karakter; semua dapat terjadi di ruang tamu anda. Bahkan lebih baik lagi, anda berinteraksi dalam komunikasi dua arah menciptakan lingkungan yang demokratis. Apakah ada kerugian? Iya, ada. Tetapi itu bergantung pada diri kita sendiri untuk bertanggung jawab atas kebebasan yang layak kita dapatkan.

  1.   Berteman di seluruh dunia

Dulu, kami punya sahabat pena. Sebagian besar dari Anda mungkin tidak ingat atau bahkan tahu apa itu. Pada dasarnya, anda bertukar surat dengan seseorang yang belum pernah anda temui sebelumnya dan bertukar cerita dan pengetahuan budaya.

Karena kita saling terhubung secara global, internet membuatnya lebih mudah berteman dengan orang lain di seberang lautan. Bahkan sebelum Facebook, kita memiliki Friendster, MySpace, atau jika ada yang ingat dengan layanan chat mIRC. Layanan ini membolehkan kita untuk bertemu dengan berbagai macam orang di belahan dunia, belajar kultur baru dan membuka wawasan kita.

  1.  Bisnis Anda sendiri hanya dalam beberapa langkah.

Selain memanfaatkan sosial, internet dengan mudah memungkinkan kita untuk BYOB – jadilah atasan anda sendiri. Infrastruktur telah menghasilkan model bisnis baru dan juga menemukan kembali model bisnis tradisional.

Beberapa tahun lalu, memulai bisnis adalah masalah besar, karena membutuhkan dana lebih besar untuk membangun kehadiran. Sebagai contohnya, untuk masuk ke bisnis mode untuk menjual pakaian, setidaknya anda perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa took di lokasi yang strategis dan menghiasnya untuk menarik pelanggan. Saat ini, anda cukup membuat situs web, memposting foto dengan detail keterangan menarik dan harga yang kompetitif, dan anda bisa memulai karir baru anda di dunia fashion.               

Internet telah memberi kita kebebasan yang luar biasa untuk meraih lebih banyak kesempatan. Sudah saatnya kita menggunakan kebebasan itu sebaik mungkin, berpegang pada moral yang penting dengan mengingat kesulitan mantan pejuang kita untuk meraih kebebasan. Untuk memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya, Opera mini memberi anda lebih banyak akses internet kapan pun anda mau, kapan saja dan dimana sajam tanpa membuat anda khawatir kehabisan data sehingga anda dapat menikmati kebebasan yang dibawa oleh internet. Selain itu, Opera Mini membuat anda bebas dari semua iklan yang menggangu momen penjelajahn anda dan memberi anda akses gratis untuk mendownload semua video favorit anda di media sosial.

Jadi, mari kita maksimalkan kebebasan di internet dengan browser yang selalu mendukung anda sepanjang waktu!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now