Opera tips

6 Langkah Mudah Tolak Berita Hoax

Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih, ternyata di sisi lain juga memancing maraknya tindak kejahatan yang mudah ditemukan dalam bentuk berita bohong atau hoax.

Ya, belakangan ini kita semakin banyak ‘diserbu’ oleh rangkaian berita atau informasi hoax, Opera Friends, yang sangat berpotensi untuk memecah persatuan dan stabilitas bangsa kita. Nah, menanggapi hal itu, Opera Friends, kita harus pintar dalam memilih informasi yang perlu dicerna terlebih dahulu sebelum kita percayai dan share.

Berikut yang Opera Friends bisa dilakukan untuk mencegah menyebarnya berita hoax:

1. Periksa lagi judul berita yang provokatif

Judul berita yang menghebohkan dan kontroversial sangat memancing untuk di share. Apalagi, menjelang masa-masa pemilu seperti saat ini dan ditambah dengan adanya sidang kasus penistaan agama yang sedang bergulir. Ini merupakan sasaran empuk bagi orang-orang tidak bertanggung-jawab di luar sana, yang dengan mudahnya membuat artikel berita dengan judul yang justru membahayakan! Opera Friends, selalu cek dulu judul, isi dan sumber artikel berita yang diterima, ya.

2. Teilti sumbernya dan cek situs web aslinya

Ini salah satu cara yang paling mudah untuk menelusuri apakah berita tersebut fakta atau palsu. Dengan mengecek situs web dan referensi yang menjadi sumber berita tersebut, Opera Friends dapat mengidentifikasi mana yang fakta dan mana yang hoax.

3. Berita ‘HOAX’ tidak mengutip opini dari Ahli

Biasanya, narasumber yang dikutip oleh sebuah media akan terlihat jelas dan disebutkan asal-usulnya. Jika Opera Friends menemukan artikel atau informasi yang kontroversial, cek terlebih dahulu apakah artikel tersebut sekedar memuat sebuah opini dari seseorang/kalangan atau merupakan sebuah laporan berita yang faktual dengan pendapat ahli. Nah, jangan sampai kita langsung telan bulat-bulat semua berita yang kita baca ya, Opera Friends!

4. Berita ‘HOAX’ tidak mempunyai gambar yang berkolerasi dengan caption dan isi berita

Nah, media visual yang menunjukkan aneka gambar atau foto yang beredar memang sangat asyik untuk segera di-share. Tapi, coba perhatikan sekali lagi maksud dari foto tersebut dan korelasi yang disebutkan dalam sebuah keterangan atau caption yang tertera. Kalau memang cocok, silakan dishare. Jika dianggap palsu atau tidak nyambung, silakan dibuang jauh-jauh!

5. Laporkan berita palsu

Aplikasi yang cukup popular mulai memasukan berita dalam platform mereka, seperti Opera Mini dan Facebook. Hal itu juga membantu pembaca dapat melaporkan berita-berita ‘HOAX’ yang mereka temui. Kita tidak boleh menganggap remeh mengenai berita ‘HOAX’ atau palsu ini dan harus berjuang untuk mencegah penyebarannya, Opera Friends. Sebagai contohnya, Facebook sekarang bekerja bersama dengan Organisasi Pemeriksa Fakta, seperti Snopes untuk menginvestigasi ciri-ciri sebuah berita. Jika Snoper menemukan artikel berita yang salah, Facebook kemudian akan menandai berita tersebut sebagai ‘dipertanyakan’. Kemudian, itu akan tersambung dengan artikel yang benar.

Di Opera, kita sangat berhati-hati memasukan sumber berita didalam kanal berita kami. Sebagai seorang pengguna Opera Mini, jika kamu menghadapi berita HOAX atau palsu, kamu dapat melaporkan nya melalui ‘pengaturan’ dan ‘laporkan masalah’, sehingga tim akan mengambil tindakan untuk berita itu.

Step 1: Masuk ke ‘Pengaturan’

Step 2: Klik ‘Laporakan Masalah’

Step 3: Klik ‘Other’ untuk laporkan masalah kamu

6. Jangan asal share

Budayakan membaca keseluruhan berita sebelum jempol kita asyik mengklik tombol ‘share’ yang dapat menjadi awal tersebarnya berita hoax yang bikin kesal. Sebagai contoh, saat ini Facebook akan bekerjasama dengan organisasi-organisasi situs pengecek fakta seperti Snopes, untuk mengecek kebenaran sebuah berita. Apabila situs seperti Snopes mengetahui bahwa artikel tersebut palsu, Facebook kemudian akan menandai berita itu sebagai ‘disputed’ (dipertanyakan). Lalu, dikaitkan dengan artikel yang menjelaskan mengapa berita tersebut palsu.

Opera Friends, tersebarnya berita atau informasi hoax dapat disebabkan oleh kurangnya budaya membaca dengan teliti dan selalu mengecek dengan referensi-referensi terkait lainnya. Perlu diketahui bahwa biasanya situs-situs penyebar berita hoax itu tak beridentitas serta tidak jelas pengelola dan redaksionalnya.

So, mari gunakan jemari kita untuk lebih bijak dalam berinteraksi di dunia maya dan jangan sampai turut serta membantu penyebaran berita-berita hoax, yang justru menyebabkan keresahan dan perpecahan masyarakat.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now