Opera tips

4 Cara Ampuh Atasi Kecanduan Gadget

Teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Melalui fitur andalannya yaitu internet, teknologi ini mendapatkan lebih banyak perhatian dan pengguna dari para pemilik smartphone, mengingat tingginya mobilitas dari masyarakat. Menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personal and Ubiquitous Computing, teridentifikasi bahwa yang membuat mereka kecanduan gadget adalah mereka yang kecanduan internet karena “kebiasaan mengecek” dimana meningkatkan penggunaan gadget, termasuk sering kali mengecek berita terbaru, email, atau update di media sosial kita.

blog-kecanduan-gadget-landscape

Apa itu Cyber addiction?

Cyber addiction atau kecanduan game, internet, gadget dan sarana eletronik lainnya yang berhubungan dengan dunia maya menjadi hal yang makin mengkhawatirkan beberapa tahun belakangan ini, karena kecanduan cyber ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi juga pada anak  dan remaja. Hal ini akan membuat seseorang cenderung anti sosial, sulit berkonsentrasi, dan menyebabkan banyak kejahatan yang mungkin terjadi kepada orang terdekat kita.

Ketika bangun tidur di pagi hari, apa yang kamu cari terlebih dahulu? Kebanyakan dari kamu mungkin akan mencari dan cek smartphone, bukan! Baik ketika sedang makan ataupun di kamar mandi, sepertinya sulit melepaskan ponsel dari genggaman. Bahkan saat sedang hangout bersama teman-teman, bukannya ikut mengobrol malah asyik sendiri dengan ponsel? Hingga saat ini para ahli masih pro-kontra apakah kondisi tersebut bisa digolongkan ke dalam kategori kecanduan atau sekadar penggunaan yang berlebihan saja.

Ini tentunya tak mengganggu jika memang dilakukan seperlunya saja, namun jika kita terobsesi mengecek ponsel bahkan saat sedang menghabiskan quality time bersama orang tercinta, ini artinya Opera Friends sudah benar-benar ketergantungan.

Bagaimana cara “rehabilitasi” pecandu gadget?

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar kamu dapat menjauhkan diri dari kecanduan smartphone sebagai berikut:

  • Stop membeli gadget baru. Opera Friends tidak perlu membeli smartphone yang memiliki beragam fitur. Cukup pilih smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan, dan juga stop membeli gadget baru ketika model paling anyar muncul.
  • Install sedikit aplikasi. Tidak perlu install berbagai aplikasi di ponselmu. Umumnya kebanyakan orang hanya menggunakan 5-10 aplikasi secara teratur. Bunyi atau lampu notifikasi dari aplikasi juga dapat mengganggu fokus kamu. Coba gunakan aplikasi browser Opera Mini, dengan bantuan browser kamu bisa membuka banyak tab di saat yang bersamaan tapi tetap hemat baterai smartphone dan hemat kuota. Cukup instal 1 aplikasi, untuk melakukan banyak hal yang kamu perlukan, sehingga akan mengurangi kebiasaan untuk cek aplikasi lain.
  • Tinggalkan smartphone-mu di ruangan lain. Untuk mengurangi kebiasaan sering mengecek smartphone, sebaiknya tinggalkan smartphone-mu di ruangan lain, simpan di dalam tas, atau ubah ke nada getar, sehingga kamu akan terhindar dari keinginan untuk mengeceknya dan tetap fokus mengerjakan hal yang ada didepanmu.
  • Jangan gunakan telepon saat sedang berbicara dengan orang lain. Jika bukan merupakan telepon yang benar-benar penting sampai kamu harus mengangkatnya, lebih baik jangan diangkat. Saat sedang berbicara dengan orang lain dan ada pesan masuk, lalu kamu melihat smartphone atau kemudian mengetik pesan meski hanya sebentar, kondisi tersebut dapat memberikan dampak negatif terhadap hubungan dengan lawan bicara. Dampaknya juga dapat mempengaruhi produktivitas kamu!

Semoga tips diatas membantu kamu untuk bisa berinteraksi lebih banyak dengan orang yang ada disekitar kamu dan menikmati quality time dengan yang tersayang. Untuk melihat studi penelitian tentang ketergantungan gadget ini, Opera Friends dapat membaca info selengkapnya di Hello Sehat. Jika kamu ada saran lain cara untuk terbebas dari ketergantungan gadget, share pendapat kamu di kolom komentar di bawah ini ya.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now