Opera tips

5 Tips Ajari Ortu Yang Gaptek

gaptek

Perkembangan teknologi smartphone akhir-akhir ini tidak hanya dirasakan oleh kaum muda Indonesia, namun turut dinikmati juga oleh para orang tua kita yang mulai mengikuti perkembangan kecanggihan gadget masa kini. Bahkan, mereka pun mulai meramaikan sensasi dunia media sosial. Ayo, siapa yang nyokapnya mulai sering kepoin media sosial kamu? 

Meskipun begitu, ternyata masih banyak sekali orang tua kita yang belum melek teknologi, lho. Dengan tingginya penggunaan smartphone oleh kalangan muda-mudi, mulai dari media sosial, chatting, browsing, streaming, dll, akan sangat baik apabila para orang tua juga mengikuti perkembangan teknologi ini. Selain memudahkan untuk keperluan sehari-hari, melek teknologi juga dapat membantu orang tua untuk mengawasi dan menjaga putra-putri mereka dari hal-hal yang kurang baik ketika menggunakan smartphone.

Memang sih, mengajarkan cara menggunakan smartphone ke orang tua kita bisa melelahkan dan menguji kesabaran. Tapi jangan khawatir, Opera Friends, ada beberapa tips sederhana untuk mengajarkan orang tua kita supaya melek teknologi dan gak gaptek lagi:

gaptek

 

  • Harus. Senantiasa. Tenang

Hal utama yang harus dimiliki ketika mengajarkan penggunaan gadget ke orang tua adalah kesabaran. Maka dari itu, Opera Friends harus bisa sabar dan tenang dalam menghadapi setiap pertanyaan ajaib yang mungkin ditanyakan berulang kali oleh bokap/nyokap. Misalnya, tombol apa saja yang harus ditekan, cara membuat/menggunakan email/akun media sosial, hingga cara edit foto yang menggunakan berbagai efek. Dalam hal ini, frustasi bukan alat pengajaran yang baik, harus tetap ingat bahwa mereka tidak lahir di era digital. Jangan lupa ya, meskipun begitu mereka juga kan yang membelikan smartphone pertama kita dulu.

  • Pakai bahasa yang mudah dipahami

Opera Friends tidak perlu menjelaskan dengan bahasa-bahasa ilmiah seputar dunia teknologi dan gadget, pakailah bahasa sederhana. Misalnya, jika menjelaskan cara browsing internet, Opera Friends cukup menjelaskan aplikasi apa yang harus dibuka dan arahkan langsung untuk ketik ditempat pencarian. Tidak perlu menghabiskan tenaga dengan menggunakan bahasa-bahasa keren seperti “Search Engine”, Speed Dial, dan sebagainya.

  • Jelaskan berulang kali

Seperti yang dikatakan pada poin pertama, bahwa kesabaran merupakan kunci utama untuk berhasil mengajarkan orang tua supaya tidak gaptek. Oleh karena itu, penting sekali bagi Opera Friends supaya sabar dalam menjelaskan berulang kali kepada ortu yang terkadang akan tetap bingung walaupun sudah dijelaskan beberapa kali. Hal itu bisa diminimalisir dengan cara memberikan pertanyaan dan mengulang apa yang sudah dijelaskan dengan mempraktekannya. Dengan begitu, Opera Friends bisa lihat sejauh apa yang sudah dimengerti oleh bokap/nyokap.

  • Sampaikan pentingnya keamanan

Biasanya orang tua yang belum melek teknologi kurang memperhatikan keamanan data-data pada smartphone mereka. Nah, Opera Friends harus bisa menjelaskan pentingnya keamanan data tersebut. Mulai ajari mereka membuat kata sandi sederhana yang mudah diingat dan tidak mudah ditebak, seperti nama hewan peliharaan dengan menggabungkan beberapa angka, misalnya ‘Catty105’. Lalu, ingatkan ortu untuk selalu memperhatikan keamanan ketika meletakan nomor kartu kredit atau debit kalau suka berbelanja online.

  • Perkenalkan aplikasi yang mudah digunakan

Last but not least, tunjukkan beberapa aplikasi penting untuk digunakan sehari-hari, misal aplikasi Whatsapp untuk chatting, aplikasi Facebook untuk selalu terupdate kabar keluarga dan teman-teman terdekat, serta aplikasi Opera Mini untuk mencari informasi apapun yang mereka butuhkan, ataupun untuk streaming video resep masakan hingga film kesukaannya. Hal ini akan membantu kamu untuk mempermudah dalam menjelaskan cara kerja dna fitur yang ada di aplikasi tersebut.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now