Opera tips

7 tips traveling yang menyenangkan dan tak terlupakan

tips traveling

Traveling ke berbagai tempat unik, eksotik dan baru menjadi semakin digemari oleh banyak kalangan. Bahkan, saat ini traveling sudah menjadi suatu kebutuhan lifestyle. Namun, apabila kita kurang berhati-hati dalam merencanakannya, traveling justru dapat menjadi beban. Ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan ketika akan traveling, ke manapun tujuannya.

tips traveling

Berikut adalah 8 tips sederhana untuk Opera Friends agar liburan kamu lebih mudah dan menyenangkan:

  • Lakukan riset terlebih dahulu

Terbukti banget langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi mengenai suatu tempat yang menarik sesuai keinginan. Bagi orang yang pertama kali traveling ke suatu tempat yang baru, melakukan riset merupakan hal yang paling vital untuk mengetahui maskapai yang murah, hotel yang terjangkau, keadaan cuaca atau tempat-tempat kuliner yang menarik. Sekarang lebih mudah untuk mencari informasi destinasi melalui situs-situs travel atau dari para blogger travel yang senantiasa menceritakan pengalaman mereka.

  • Susun jadwal

Mempersiapkan itinerary merupakan hal yang wajib agar tidak membuang-buang waktu liburan, Opera Friends. Terutama bagi yang tidak menggunakan jasa tour & travel, jadwal, lokasi, jarak tempuh dan biaya harus jelas. Pastikan kamu membuat list perjalanan sebelum berangkat!

  • Pack lightly

Pastikan untuk membawa barang-barang yang hanya dibutuhkan saja agar tidak merepotkan. Contohnya seperti membawa pakaian yang cukup dan tidak berlebihan atau alas kaki yang cocok dengan cuaca. Untuk menunjang liburan pastikan juga membawa kamera yang mudah dibawa, charger baterai dan power bank dalam satu tas kecil, sehingga mudah untuk dicari dan mengurangi kemungkinan ketinggalan ketika travelling.

  • Jaga dengan baik barang bawaan kamu

Selanjutnya, hal yang terpenting saat traveling adalah memastikan barang-barang kamu aman. Jika traveling menggunakan pesawat, lebih aman kalau kamu menggunakan tas backpack besar tanpa harus check-in ke bagasi. Kalau harus, pastikan koper yang akan masuk ke bagasi terkunci atau lebih baik lagi dibungkus dengan plastic wrap yang biasanya tersedia di bandara. Lalu, untuk memudahkan dalam mengidentifikasi barang bawaan kamu, pastikan Opera friends menggunakan luggage tag bertuliskan informasi pribadi yang dapat dihubungi.

  • Koneksi Internet

Kalau berencana untuk travel ke luar negeri dan tetap ingin memiliki koneksi internet tanpa terjerat biaya roaming, cari tahu apakah kamu bisa menyewa pocket wi-fi atau  membeli SIM card prabayar di negara yang dituju. Jika ingin menghemat kuota data dan baterai smartphone, pastikan kamu sudah download dan menggunakan Opera Max.

  • Necessary Gadgets

Jika Opera Friends suka befoto-foto, lebih baik menggunakan kamera saku agar smartphone kamu tidak boros baterai dan dapat digunakan disaat keadaan darurat. Gunakan kamera di smartphone hanya jika ingin upload foto liburan kamu di sosial media. Google maps pun sangat berguna jika kita tersesat saat traveling, tapi usahakan juga untuk selalu membawa peta tradisional jikalau kehilangan koneksi internet.

  • Membaur dengan warga lokal

Kamu pastinya akan bertemu dengan beragam orang dari budaya yang berbeda. Pastikan meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan warga setempat dan coba untuk tidak tampil terlalu mencolok. Liburan kamu akan terasa lebih mengesankan apabila kamu dapat menjalin hubungan istimewa dengan warga setempat, apalagi kalau tetap berkomunikasi setelah kamu pulang. Tidak ada salahnya kan menambah teman!

Semoga tips diatas membantu dan membuat perjalanan travelling kamu menyenangkan! Kalau kamu punya tips lainnya, jangan lupa di share di kolom komentar ya.


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now