Uncategorized

Kenapa ad blocker penting bagi pengguna Opera?

Melihat ad blocker kini sudah semakin ramai menjadi perbincangan,  kami di Opera berpikir sudah waktunya untuk Opera berbagi pendapat dengan Opera Friends mengenai ad blocker.

Iklan (Ads) telah menjadi bagian penting dari internet sejak awal mula internet ada. Iklan adalah pendapatan utama bagi banyak situs web, dan dengan menerima iklan, kita sebagai pengguna internet dapat mengkonsumsi konten online secara gratis. Ini tentunya adalah hal yang sangat menguntungkan untuk kita. Sayangnya,  dalam perkembangannya iklan telah berubah menjadi salah satu gangguan utama ketika kita browsing, dan semakin banyak konsumen yang merasa terganggu dan mencari berbagai cara untuk memblokir iklan yang mengganggu dengan ad blocker.

Berikut adalah beberapa alasan paling penting kenapa banyak orang mulai menggunakan pemblokiran iklan dan kenapa Opera mendukung hal tersebut.

opera-mini-android-built-in-adblocker

Kinerja

Tahukah Opera Friends bahwa ads membuat halaman web menjadi lambat? Tidak semua orang memiliki jaringan broadband super cepat, banyak dari kita yang mengakses web melalui ponsel atau koneksi seluler yang lambat, melalui perangkat tablet dengan Wi-Fi yang ramai di hotel ataupun cafe, atau di mana saja dengan mobile wi-fi. Iklan online kini melahap lebih banyak bandwidth dibandingkan sebelumnya, hal ini menyebabkan halaman web membutuhkan waktu lebih lama untuk termuat. Ukuran rata-rata sebuah halaman web kini telah berkembang menjadi dua kali lipat sejak 2012 karena adanya iklanAlat uji Opera sendiri dalam Opera untuk komputer telah membuktikan bahwa beberapa halaman web menjadi 90% lebih lambat karena terlalu banyak dipenuhi iklan.

Privasi

Privasi dan pelacakan perilaku online adalah kekhawatiran lain dari para pengguna internet. Kebanyakan website melacak pengguna mereka dengan beberapa cara. Pelacak merupakan komponen pusat untuk jaringan iklan melihat profil pengguna di seluruh situs web dan mencocokkan iklan mana yang cocok  dengan kepentingan orang tersebut. Dengan pelacak, tentunya akan lebih mudah untuk meningkatkan pendapatan bagi pengiklan. Namun, hal ini pada dasarnya menurunkan privasi pengguna dan membuat kamu sebagai pengguna merasa “dibuntuti” ke manapun di internet oleh iklan.

Tampilan yang mengganggu dan menyesatkan

Hal ini tentunya pernah terjadi pada kita semua. Iklan sering kali menutupi konten yang ingin kamu  lihat, atau bahkan menipu kamu  agar mengklik tombol palsu dan membawamu ke  website-website yang kamu tidak tertarik sama sekali. Iklan yang bergerak-gerak di tampilan web, iklan yang menyerupai artikel, atau singkatnya semua iklan yang mengganggu pengalaman pengguna pada saat browsing semakin sering kita jumpai. Bahkan, salah satu format iklan yang paling sering kamu jumpai ialah “take over banner” di mana sebagian besar halaman web yang kamu akses tiba-tiba tertutup oleh banner iklan yang dirancang untuk memaksimalkan perhatianmu hanya ke konten iklan.

Top-10-reasons-for-adblock-from-Global-Web-Index

Sumber: Global Web Index

Tiga hal ini termsuk alasan utama yang membuat semakin banyak orang  menggunakan pemblokir iklan. Dalam sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh PageFair/ Adobe, jumlah orang yang menggunakan pemblokir iklan tumbuh sebesar 41% di seluruh dunia antara tahun 2014 dan 2015, dengan 98% dari mereka adalah para pengguna di komputer. Menurut penelitian ini, lebih dari 200 juta orang telah menginstal ad blocker.

Kami di Opera tidak membenci iklan online. Kami adalah sebuah bisnis, dan kami juga memiliki organisasi anak perusahaan bernama Opera MediaWorks, yang melakukan periklanan. Tapi, kami juga sebuah brand milik konsumen, dan konsumen telah mengirimkan peringatan yang keras dan jelas bagi brand maupun para pengiklan untuk mengubah situasi ini.

Masih ingat bahwa beberapa tahun yang lalu, iklan pop-up melanda web? Ramai-ramai semua browser kemudian memperkenalkan pop-up blocker, tapi kenyataannya industri iklan tidak mati dan mereka berhasil beradaptasi. Kami ingin industri iklan untuk beradaptasi lagi, dan membuat internet menjadi tempat yang lebih baik bagi kita bersama.

Pendapat Opera mengenai ad blocker

Sudah waktunya bagi kita untuk mengambil sikap: Kami memilih untuk memihak kepada pengguna dalam perdebatan tentang ad blocker, itulah sebabnya Opera kini  menawarkan built-in, native ad blocker kepada ratusan juta pengguna Opera untuk komputer maupun Opera Mini untuk Android.

Namun demikian, kami sadar bahwa iklan tetap memiliki banyak manfaat. Para penyedia konten harus terus menghasilkan uang untuk membayar wartawan, editor, blogger, pengembangan teknologi, inovasi, dan hal-hal lain yang ada di dalam sebuah media penerbitan.

Dengan membuat  website yang memliki model bisnis untuk mendapatkan uang, iklan menjadi faktor penting yang menggerakkan internet. Sebagian besar konten yang diakses miliaran orang di seluruh dunia setiap harinya dibayar oleh pendapatan iklan. Dengan meningkatnya jumlah konten yang lebih berkualitas untuk kita pilih dan nikmati tentunya internet menjadi tempat yang lebih baik untuk kita bersama.

Dari sisi penerbit, pelacak memungkinkan untuk melakukan personalisasi pengalaman bagi para pengguna, untuk meningkatkan engagement pengguna di website, serta memberikan konten yang lebih baik untuk setiap pengunjun. Oleh karena itu dari sisi penerbit, pelacak sebenarnya dapat dilihat sebagi suatu hal yang positif.

Intinya kita perlu mengingat juga bahwa  iklan membawa beberapa manfaat, yang tidak boleh dilupakan.

Di Opera untuk komputer, kami juga menyediakan alat untuk membantu pengiklan dan pengguna memahami masalah iklan yang berlebihan atau memberatkan. Dengan alat ini, pengguna dapat menguji, untuk diri mereka sendiri, seberapa berat iklan halaman web tersebut. Kemudian, mereka dapat membuat pilihan informasi tentang apakah mereka ingin memblokir iklan atau menambahkan halaman tersebut ke “white list” mereka sendiri.

Coba aktifkan fitur pemblokir iklan ini baik di Opera Mini di Android kamu maupun di Opera browser di Komputer, dan sampaikan pendapat kamu di sini di bagian komentar atau pun melalui Facebook dan Twitter!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now