Uncategorized

“Paksa pengaktifan perbesaran” di Opera 34 untuk Android

Tahukah Opera Friends bahwa 61% situs mobile tidak membolehkan kita untuk melakukan perbesaran (zoom)? Sekarang di Opera 34 untuk Android, versi terbaru kami telah menemukan jawaban untuk masalah ini!

Ketika kamu membuka  Opera 34 untuk Android , kamu akan melihat tampilan yang lebih rapi dan  menarik dengan berbagai perbaikan pada performa UI kami yang akan membuat Opera untuk Android berfungsi lebih baik pada perangkat dengan spek rendah.

Di Opera 34 untuk Android ini kami juga menjawab permintaan yang sudah sering ditanyakan para pengguna Opera untuk Android yaitu  opsi untuk memperbolehkan para pengguna untuk dapat menggunakan fitur perbesaran (zoom) pada  situs apapun, terlepas dari bagaimana konfigurasi situs tersebut telah dibuat oleh pemiliknya.

Tim developer kami cukup penasaran dengan berapa banyak jumlah situs yang menggunakan opsi ‘zoom lock’, maka kamipun mulai mencari tahu dari HTTP Archive, sebuah situs yang melacak bagaimana halaman-halaman situs di internet dibuat, dengan cara mengumpulkan sejumlah situs popular  dan mengumpulkan informasi historis mengenai situs-situs ini. HTTP Archive memiliki data-data yang menunjukkan penurunan flash, dan munculnya peningkatan web font, serta menawarkan sejumlah data mentah yang bisa dianalisa sendiri. 

Tim kami mengambil set data aktual (per 1 Desember 2015) yang menunjukkan daftar situs-situs top teratas, ada  4,672 situs  di dalamnya yang termuat di Android dengan emulasi Chrome. Kemudian kami juga  melihat berapa banyak dari situs-situs ini yang dioptimalkan untuk perangkat mobile dan berapa banyak yang memberikan pengalaman responsif terhadap pengunjung situs dengan perangkat mobile . Ternyata ada 82% situs yang melakukannya! Tentunya ini adalah fakta yang menyenangkan!

Sayangnya, dari situs-situs yang dioptimalkan untuk perangkat mobile tersebut, fakta mengejutkan yang kami temukan 61% di antaranya mengunci total kemampuan untuk fitur zoom. Hal ini membuat situs-situs ini sulit untuk dibuka bagi mereka yang memiliki masalah dengan penglihatan. Tentunya para pengguna dengan masalah penglihatan ini memerlukan fitur zoom, namun hampir di semua kasus, fitur zoom ini dikunci tanpa alasan yang jelas.

Hal inilah yang membuat kami menciptakan fitur terbaru kami. Sekarang jika kamu klik “O” merah, kemudian pergi ke Pengaturan, dan memilih Paksa pengaktifan perbesaran , dengan fitur ini, kamu akan bisa memiliki kontrol perbesaran zoom pada hampir semua situs. Untuk saat ini, kamu harus mengaktifkan “Paksa pengaktifan perbesaran” secara manual, tapi jangan khawatir karena tim kami sedang mencari tahu apakah fitur ini bisa kami nyalakan secara default seperti halnya yang kami lakukan untuk fitur lipat teks secara otomatis.

Download Opera untuk Android 34 hari ini dari Google Play dan coba fitur “paksa pengaktifan perbesaran”, Setelah itu beri tahu kami bagaimana pengalamanmu! Jangan lupa juga laporkan masalah jika kamu menemukan  situs yang tidak dapat bekerja dengan fitur ini!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now