Uncategorized

Opera: Kilas Balik 2015

2015-year-in-review-opera

Tahun 2015 adalah tahun yang sangat berarti bagi Opera serta bagi kalian para Opera Friends yang menggunakan Opera baik untuk komputer ataupun di perangkat mobile. Bulan September lalu, kami memperkenalkan identitas baru Opera. Selain itu, di tahun 2015 ini kami menambahkan berbagai fitur penghematan data dan memperkuat posisi Opera sebagai yang terdepan di bidang teknologi kompresi. Sangatlah penting bagi kami untuk bisa memberikan produk serta aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan kalian, terutama penghematan data untuk streaming video maupun musik.

Berikut adalah highlights tahun 2015 kami

Penghematan data video pada mobile

Browser mobile kami telah satu dekade membantumu untuk menghemat data. Penghematan data artinya kamu mendapatkan dua kali atau bahkan lebih pengalaman internet di ponselmu dengan jumlah paket data yang sama.

Seiring berkembangnya teknologi, caramu menggunakan ponsel tentu saja juga telah berubah dan beradaptasi dengan apa yang ditawarkan di luar sana. Kamu tentunya telah menonton lebih banyak video dengan menggunakan paket datamu. Oleh karena itu kami di Opera tidak puas dengan hanya menghemat data untuk teks dan gambar saja, sudah saatnya bagi kami untuk juga melakukan kompresi data video.

Tahun ini, kami juga menambahkan penghematan data video pada Opera untuk Android, Opera Mini untuk iOS dan Opera Coast.

Penghematan data untuk streaming musik dan video

Streaming musik atau radio membutuhkan bandwidth yang besar serta menghabiskan banyak data. Jika kamu melakukan streaming musik selama 9 jam, kamu akan menghabiskan kurang lebih 1 GB. Ini bisa jadi sangat mahaljika kamu melakukan streaming dengan jaringan ponsel.

opera-max-save-on-audio-streaming

Untuk mengatasi hal ini, bulan lalu kami baru saja meluncurkan versi terbaru dari aplikasi Opera Max untuk Android. Ini adalah aplikasi pertama di dunia yang dapat mengkompresi streaming musik dan video. Opera Max, aplikasi gratis untuk penghemat dan pengaturan data ini adalah salah satu tambahan bagi produk andalan kami untuk ponsel. Opera Max juga dapat bekerja di latar belakang, dan menghemat banyak data untuk sebagian besar aplikasi Android.

Sync browsing data

Bagi kamu yang menggunakan lebih dari satu perangkat, sinkronisasi data browsing tentunya sangat penting. Data browsing mencakup bookmarks serta history browsing mu. Tahun ini, kami membuat sinkronisasi dapat dilakukan lintas browser, Opera untuk komputer, Opera Mini dan Opera untuk Android.

sync-browsing-data-opera

Identitas brand Opera yang baru

Opera Do More Party

Kami memulai 20 tahun yang lalu hanya sebagai perusahaan browser namun kini kami telah banyak tumbuh dan berkembang. Banyak tim baru yang bergabung dengan kami tahun ini, seperti SurfEasy dan Bemobi (Apps Club). Kami telah meluncurkan beberapa apps baru dan setiap bulannya melayani lebih dari lebih 1 milyar pengguna internet termasuk di antaranya 350 juta orang yang menggunakan aplikasi Opera untuk mengakses internet dan 1,1 milyar orang yang kami jangkau melalui Opera Mediaworks. Kami juga memperkenalkan #DoMore kepada Opera Friends di Indonesia dan mengajak serta komunitas-komunitas produktif di Indonesia untuk menceritakan mengenai aktifitas mereka yang penuh dengan semangat #DoMore.

Di bulan September ini kami memperkenalkan identitas Opera yang baru.

Meningkatkan kesadaran mengenai pencemaran di laut: Kontiki2

Ini adalah sebuah misi yang sangat menantang namun Chief Technology Officer kami di Opera yang juga adalah Bapak CSS, Håkon Wium Lie sangat bersemangat untuk melakukannya. Kontiki2 terinspirasi dari ekspedisi Thor Heyerdahl melintasi Samudra Pasifik dengan rakit. Tahun ini, Håkon bersama dengan para relawan dan ilmuwan memetakan jalur sampah Great Pacific. Rute yang dilalui oleh Kontiki2 jarang sekali dilalui oleh armada kapal riset dan tepat sebelum Konferensi Perubahan Iklim PBB 2015, Kepala ilmuwan Kontiki2, Dr. Cecilie Mauritzen mengirimkan sebuah surat online dari laut.

Kamu juga bisa mendapatkan update Kontiki2 dengan cara berikut:

– Membaca hasil penelitian di Kon-Tiki2 Science
– Follow CTO Opera, Håkon Wium Lie, di Twitter: @wiumlie.
– Menonton YouTube channel Karen M yang mendokumentasikan perjalanan ini.

Opera Official Account di LINE

Opera LINE Stickers TORA

Sejak bulan Januari 2015 yang lalu, Opera telah hadir dengan Official Account di aplikasi LINE. Kami juga mewujudkan keinginan Opera Friends untuk makin seru dan kocak dalam berekspresi dengan menghadirkan Opera stickers, Tora – Si Gatot Kaca dari browser Opera! Saat ini sudah ada lebih dari 1,5 juta orang Opera Friends yang bergabung di Opera Official Account di LINE. Tentunya kami berharap 2016 akan lebih seru dan makin banyak Opera Friends yang bergabung di Opera Browser ID Official Account di LINE.

Mari sembut 2016 dengan senyum lebar! 🙂 Terima kasih untuk kalian semua Opera Friends yang membuat 2015 begitu menyenangkan!


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now