Browser

Kamu pengguna Mobile App atau Mobile Web?

mobile apps vs mobile web blog

Dengan makin mudahnya akses pada ponsel pintar, kebanyakan dari kita menggunakan perangkat bergerak untuk mengakses informasi dimana pun. Ada 2 jenis platform yang sering digunakan untuk menemukan informasi yang dicari, baik itu mobile web dan mobile app.

Untuk yang belum mengetahui perbedaannya, mobile web ini layaknya sebuah situs web yang biasanya kita akses melalui komputer, namun didesain untuk perangkat yang lebih kecil. Sebaliknya, mobile app adalah aplikasi mobile yang didesain khusus untuk perangkat smartphone dan tablet.

Menurut survei yang dilakukan blog.jakpat.net, lebih dari 50% responden mengatakan menggunakan keduanya dengan porsi yang sama baik itu mobile apps atau pun mobile web seperti yang tercantum pada gambar dibawah ini.

Mobile-app-atau-mobile-web

Ada beberapa alasan mengapa orang memilih menggunakan mobile apps, beberapa diantaranya karena aplikasi di ponsel lebih mudah untuk digunakan, tampilan aplikasi di ponsel lebih nyaman untuk dilihat, dapat memuat informasi lebih cepat dan sebagian aplikasi tertentu dapat dijalankan ketika tidak terkoneksi internet.

Untuk kamu yang menggunakan lebih banyak aplikasi di ponsel kamu, sebaiknya instal aplikasi Opera Max untuk membantu mengatur kuota data internet agar tidak boros dalam pemakaiannya setiap bulannya. Untuk melakukan pengaturannya, kamu bisa baca info selengkapnya untuk menghemat kuota di jaringan selular mau pun Wi-Fi.

mengapa menggunakan mobile app

Walaupun banyak kenyamanan yang ditawarkan dari mobile apps, masih banyak pengguna yang memilih menggunakan mobile web untuk mengakses internet. Kebanyakan karena browser lebih mudah digunakan, tidak memiliki free space di ponsel untuk mendownload aplikasi, tidak ingin menghabiskan lebih banyak biaya dengan membeli aplikasi, dan karena mengunduh aplikasi memerlukan waktu.

Untuk Sobat Opera yang lebih memilih untuk menggunakan browser untuk akses informasi dan media sosial, gunakan Opera Mini pada apapun jenis ponsel kamu untuk browsing 9x lebih banyak di banding browser lainnya dan tetap hemat baterai. Selain itu, Opera Mini juga memiliki fitur Discover yang menyediakan berita popular apapun sesuai topik yang kamu sukai tanpa perlu mencarinya terlebih dahulu.

mengapa menggunakan mobile web

Dengan kata lain, kamu dapat menggunakan 1 aplikasi untuk mengakses semua layanan populer seperti berita, Facebook, Instagram, dan Twitter jika ponselmu memiliki memori yang terbayas. Dengan Opera Mini, Sobat Opera dapat menghemat ruang untuk menginstal lebih banyak games yang kamu suka.

Semoga postingan ini bermanfaat dan jangan lupa sampaikan komentar kamu disini, apakah kamu lebih sering menggunakan aplikasi atau akses situs web untuk terhubung internet?


User comments



Opera

You deserve a better browser

Opera's free VPN, Ad blocker, and Flow file sharing. Just a few of the must-have features built into Opera for faster, smoother and distraction-free browsing designed to improve your online experience.

Download now